Saturday, November 24, 2012

Makan lima Buah Stroberi Sehari Bisa Turunkan Berat Badan


Sensasi warna merah menyala ditambah rasanya yang manis asam membuat buah stroberi digemari banyak orang. Buah yang serling dijadikan campuran dalam beberapa olahan minuman “ ini memiliki kandungan zat gizi yang bisa menurunkan berat badan. Benarkah?


Keinginan menurunkan berat badan bagi sebagian wanita bukanlah perkara mudah. Segala macam program dan teknik dilakukan demi mendapatkan tubuh ideal. Namun, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi akhirnya mempermudah banyak orang dalam proses penurunan berat badan. Salah satunya dengan buah stroberi. Buah yang rasanya sedikit masam tetapi segar tak hanya ditemui di campuran es buah atau fruit juice tetapi bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Stroberi atau dikenal juga dengan nama arbei ini merupakan sebuah varietas stroberi yang banyak dikenal di dunia. Buah ini termasuk buah yang Kaya akan antioksidan fenolik yang memiliki kemampuan menangkal radikal bebas, mengandung 49 kalori dalam satu porsi, 3 gr serat, kalsium, magnesium, potasium dan tinggi vitamin C. Karena itu tak heran jika buah manis dan mungil ini memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan. Diuraikan oleh dr. Inge Permadhi SpGK, dokter spesialis gizi klinik, kandungan serat yang tinggi di dalam buah ini membantu tubuh memenuhi kebutuhan serat. Sebab pada dasarnya tubuh Kita memerlukan Kebutuhan serat sebanyak 30 gr per hari dan bisa membantu mengurangi berat badan.

Diet Stroberi. Cara kerja diet dengan menggunakan buah  stroberi ini cukup sederhana yaitu jika kita mengonsumsi buah ini maka akan timbul efek mengenyangkan. Buah ini juga bisa membantu mengurangi kandungan gula dan lemak yang masuk ke tubuh dalam jumlah sedikit. Jika Anda tertarik untuk melakukan diet stroberi, sebaiknya Anda tetap memperhatikan asupan kalori yang masuk untuk menghindari kelebihan kalori yang berlebihan.

Dengan mengonsumsi 5-6 buah stroberi atau mengolahnya menjadi segelas jus membantu Anda menstabilkan atau menurunkan berat badan. Jika rutin mengonsumsi buah stroberi dan tentu saja didukung oleh pengurangan kalori, peningkatan aktivitas sekaligus pola hidup yang sehat dalam jangka waktu satu bulan berat badan Anda akan turun 1-2 kg sesuai dengan penurunan berat badan ideal.

Sebaiknya Anda tetap mengombinasikan konsumsi stroberi dengan buah-buahan atau sayuran lainnya. Dan hal yang paling penting untuk diingat, tidak dianjurkan jika dalam sehari kita hanya mengonsumsi buah stroberi tanpa memperhatikan asupan gizi lainnya yang diperlukan tubuh seperti lemak, protein dan karbohidrat. Karena itu jika Anda berlebihan melakukan diet ini efek sampingnya akan menimbulkan asam lambung atau menimbulkan diare. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan diet dengan memanfaatkan buah stroberi sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis gizi langganan Anda agar tetap aman dan tidak mengakibatkan efek samping yang membahayakan tubuh. (IK)  

No comments:

Post a Comment