Sunday, November 25, 2012

Makan Apel Setiap Hari Cegah Asma Kambuh Lagi


Memasuki musim hujan yang udaranya dingin membuat penyakit asma sering kambuh. Selain selalu menyediakan obat asma yang diminum dan disemprot, ada cara alami untuk mencegah asma dan gangguan pernapasan kambuh lagi, yaitu rutin makan buah apel. Seperti apa?


Rasanya tidak nyaman ketika asma menyerang. Sesak napas dan mengeluarkan bunyi mengi atau bengek ketika penderita asma menghembuskan napas. Hal ini tentu mengganggu tidur nyenyak Anda ketika malam hari. Serangan asma bisa terjadi secara perlahan dengan gejala yang bertahap semakin memburuk. Serangan bisa terjadi dalam beberapa menit, beberapa jam hingga beberapa hari. Gejala yang pertama kali diderita penderita asma adalah sesak napas, batuk, dan sesak di dada.

Jika terserang asma, umumnya pertolongan pertama yang dilakukan adalah obat asma baik yang diminum ataupun obat semprot untuk melegakan pernapasan. Dan, untuk mencegah agar tidak mudah terserang asma, terutama pada musim hujan dengan cuaca yang dingin yang bisa menjadi pencetus, sebaiknya Anda rutin makan buah apel setiap hari.

Rasa apel yang manis sedikit masam ternyata juga bermanfaat untuk mencegah kambuhnya asma. Selama ini apel dikenal sebagai buah yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, menekan risiko kanker usus, serangan jantung dan stroke. Tetapi ternyata buah apel (Malus dosmetica) juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya asma.

Semua jenis ape! seperti apel merah dan hijau baik dikonsumsi setiap hari untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk mencegah asma. Dijelaskan oleh Ir. B. Mahendra, herbalis, kandungan fitokimia (antioksidan untuk melawan radikal bebas dari polusi dan lingkungan sekitar) seperti flavonoid dan phenolic acid pada buah apel bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada saluran pernapasan sehingga terhindar dari penyakit gangguan pernapasan dan asma.

Apel juga dapat melindungi paru-paru orang dewasa,  menurunkan risiko kanker paru-paru dan lain-lain. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, wanita yang banyak mengonsumsi apel saat hamil akan memberikan proteksi lebih besar pada bayi yang ada di dalam kandungannya agar tidak terkena asma di kemudian hari.

Setiap Hari. Sebagai langkah pencegahan, apel sebaiknya dikonsumsi setiap hari setelah makan pagi dan makan malam. Apel bisa dimakan segar ataupun dijadikan jus. Penelitian menunjukkan bahwa penderita asma yang minum jus apel setiap hari, lebih jarang terserang sesak napas. Anda tak perlu khawatir menjadi gemuk atau kelebihan berat badan dengan makan apel. Pasalnya satu buah apel mengandung sekitar 65 kalori, dan serat 5 gr atau 20 persen dari kebutuhan asupan harian sehingga Anda merasa kenyang dan tidak banyak makan.

Tidak ada efek samping dari makan apel karena baik untuk tubuh. Namun, sebaiknya biji apel jangan tertelan karena mengandung amygdalin yaitu sejenis glikosida sianogenik yang merupakan racun yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Penyebab. Penyakit asma memang tidak bisa disembuhkan tetapi dapat diatasi untuk mencegah serangannya. Selain makan apel, tentunya untuk mencegah agar asma tidak kambuh lagi adalah menghindari penyebabnya seperti debu, asap rokok, udara dingin dan bulu binatang. Dianjurkan juga mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna, serta menghindari makanan yang diawetkan dan berminyak. Untuk mencegah anak agar tidak terkena asma, sebaiknya melakukan pencegahan primer, yaitu seorang ibu tidak merokok, tidak makan makanan yang mengandung vetsin dan bahan pengawet.

Dijelaskan oleh dr. Nastiti N. Rahajoe, Sp.A (K), dokter spesialis anak dan konsultan respirologi anak, sekaligus Ketua Yayasan Penyantun Anak Asma Indonesia, asma adalah keadaan saluran napas yang hiperaktif sehingga jika terdapat makanan atau sesuatu dapat bereaksi berupa penyempitan saluran pernapasan sehingga timbul batuk, sesak dan mengeluarkan bunyi.

Pernapasan yang hiperaktif ini terjadi karena terlalu sensitif yang dipicu oleh beberapa faktor penyebab seperti virus debu rumah, asap rokok, debu di tempat tidur dan lain-lain. Jika saat hamil seorang ibu merokok, maka nantinya saluran pernapasan anak menjadi lebih hiperaktif sehingga potensial terserang asma. Serangan asma juga bisa terjadi pada orang yang sering makan cokelat atau makanan yang mengandung MSG (monosodium glutamate).

Faktor keturunan juga sangat berpengaruh. Jika seorang ibu perokok maka anaknya memiliki bakat asma sejak anak di dalam kandungan Namun, meski sang ibu tidak merokok tetapi anak sudah memiliki bakat asma karena keturunan, maka bisa terkena asma karena faktor-faktor lainnya.

Terjadinya serangan asma dibedakan menjadi serangan yang jarang, agak sering dan sering. Serangan yang jarang dapat terjadi setahun sekali dan serangan yang sering dapat terjadi setiap bulan.

Cara mengatasi penyakit asma yang efektif adalah menghindari pencetus atau penyebab asma tersebut dan memperbaiki lingkungan. Sebaiknya tidak menggunakan karpet, sering membersihkan kasur, debu-debu dalam rumah dilap, tidak merokok dalam rumah dan sebagainya. Selain itu, perlu memperhatikan makanan dengan cara menghindari makanan yang banyak mengandung vetsin (MSG) dan bahan pewarna Serta pengawet. (IK)  

No comments:

Post a Comment