Monday, November 12, 2012

Menu Sarapan Yang Membuat Anda Bugar Seharian


Menyantap menu sarapan yang tepat membuat stamina Anda bugar sepanjang hari. Karena itu pastikan sarapan Anda bergizi tinggi dan mencukupi asupan vitamin, mineral, protein, asam amino sesuai kebutuhan, Serta karbohidrat. Lantas bagaimana menu sarapan yang tepat? 

Banyak orang yang mengabaikan sarapan, padahal sarapan sangat penting untuk stamina Anda selama seharian.
Dan sarapan sehat merupakan kunci awal dari pembentukan tubuh ideal dan pola hidup sehat.
Karena itu dalam menu sarapan pagi sebaiknya tercukupi gizinya dan seimbang. Pasalnya, hal tersebut akan mempengaruhi aktivitas dan kinerja tubuh.

Menurut Dr. dr. Nina Kemalasari, SpPD, KGER, FINASIM, dokter spesialis penyakit dalam, menu sarapan yang baik dikonsumsi adalah buah-buahan, sayur-sayuran, susu, roti gandum dan lain-lain. Berikut ini penjelasan mengenai menu sarapan yang baik dan sehat agar tubuh bugar sepanjang hari:
  1. Menu Makanan Lengkap. Sarapan ideal terdiri dari kombinasi antara protein, karbohidrat, sayur-sayuran dan lemak sehat. Protein dan lemak akan membuat Anda kenyang lebih lama, sementara karbohidrat akan memberikan dorongan energi. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging, mentega dan makanan yang digoreng. Sebaiknya pilih gandum, serta sayur-sayuran yang tidak mengandung asam atau pedas seperti sup dan salad.
  2. Kurangi makanan yang mengandung garam agar saat bangun tidur perut tidak terasa kembung. Pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari 500 mg garam per makanan, karena itu sebaiknya hindari makanan beku atau kemasan.
  3. Pilih sereal atau oatmeal dengan campuran buah- buahan dan susu kedelai yang mengandung serat, lemak dan kadar gula yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya sereal memiliki 3 gr serat di dalam setiap penyajian. Tetapi perhatikan juga informasi kandungan lemak, serat dan gula karena Kebanyakan sereal, granula dan breakfast bar cenderung mengandung lebih banyak gula dibandingkan serat, Sebaiknya target asupan serat saat sarapan sebanyak 6 gr.
  4. Menyediakan kismis dan kacang di dapur. Kismis bisa dijadikan pengganti  buah-buahan segar saat persediaan buah-buahan Anda kosong. Sementara kacang tidak hanya baik sebagai camilan tetapi juga  bisa membuat sarapan menjadi lebih sehat dengan kandungan lemak tidak jenuh yang baik bagi tubuh. Sedikit lemak sehat di dalam sarapan dapat membuat Anda kenyang lebih lama serta membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik dari makanan yang akan dimakan setelah sarapan.
  5. Saat membeli jus buah, pilih yang murni tanpa gula tambahan, pemanis buatan dan zat pewarna. Tetapi sebaiknya mengonsumsi buah-buahan segar dan membuat jus buah sendiri. Buah-buahan yang dipilih sebaiknya yang aman bagi lambung sehingga tidak menyebabkan iritasi, perih dan asam lambung meningkat. Buah yang dianjurkan adalah pepaya apel, pisang, melon dan sebagainya. (IK)  

No comments:

Post a Comment