Sunday, November 25, 2012

Mengatasi warna Kulit Kehitaman di Area leher

Warna kehitaman di area leher merupakan salah satu pemicu timbulnya krisis kepercayaan diri bagi sebagian wanita. Karena itu, berbagai produk pemutih menjadi satu dari beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Seberapa cepat lotion whitening bisa mengatasi masalah kehitaman di area leher? 


Area leher yang lebih banyak tersembunyi dan jarang diperhatikan ternyata bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri jika warnanya menghitam. Sesungguhnya area Kulit leher yang ideal berwarna sama dengan kulit wajah atau tubuh. Namun, ada beberapa hal yang menyebabkan area Kulit leher terlihat lebih hitam, gelap dan kurang cerah meskipun tertutup oleh potongan rambut yang panjang. Beberapa penyebab menghitamnya area leher di antaranya: 

  1. Paparan sinar ultraviolet. Sengatan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kulit leher terbakar. Terutama juga bagi pengendara sepeda motor, area leher akan langsung berhubungan dengan teriknya sinar matahari. Jika dibiarkan terlalu lama, lambat laun warnanya akan semakin gelap dan membentuk garis hitam di leher. 
  2. Penggunaan parfum yang langsung disemprotkan atau dioleskan ke area leher. Jika kulit Anda tergolong sensitif, penggunaan parfum atau kosmetik yang sedikit banyak mengandung bahan kimia dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, gatal lalu membekas dan membuat warna leher menghitam.
  3. Terkadang untuk menjaga penampilan, para wanita lebih fokus merawat dan membersihkan area wajah dibandingkan leher. Tumpukan kotoran, debu atau keringat yang tidak dibersihkan secara rutin akan membuat pori-pori tersumbat.Ujung-ujungnya kotoran akan menumpuk dan menyebabkan kulit leher menjadi lebih kusam.
  4. Bakat dan Gemuk. Kulit leher yang menghitam atau timbul nya garis leher yang warnanya lebih gelap dari warna kulit di sekitarnya bisa disebabkan oleh bakat atau kegemukan. Untuk masalah bakat, pigmen tiap orang berbeda-beda yang terkadang menyebabkan warna kulit di area leher lebih hitam. Sedangkan bagi beberapa orang yang kelebihan berat badan, sering ditemui area hitam di sekitar leher yang bentuknya menyerupai garis.
Cara Mengatasi. 
Menurut dr Tomy Harjatno, MS, SpAk, dokter spesialis akupuntur penyebab di atas dapat diatasi dan dikurangi dengan beberapa perawatan kulit yang dilakukan rutin setiap hari. Dengan perawatan ini akhirnya kaum hawa kembali membangun rasa percaya diri mereka ketika memiliki leher jenjang dengan warna kulit yang rata dan cerah. Berikut perawatannya: 

  1. Hindari paparan sinar matahari yang langsung menyengat ke kulit terutama wilayah leher. Anda bisa menyiasatinya dengan mengenakan syal di leher untuk mencegah sinar ultraviolet langsung atau tidak beraktivitas di saat panas terik
  2. Saat Kulit sekitar leher berkeringat dan terasa gatal, sebaiknya hindari kebiasaan menggaruk karena akan menyebabkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah penggelapan area kulit yang disebabkan oleh melanin meningkat dan juga dapat dipicu oleh kerusakan akibat peradangan. Karena itu hindari kegiatan menggaruk yang bisa menyebabkan luka dan menggelapkan warna kulit.
  3. Hindari penggunaan kosmetik, lotion atau sabun yang menyebabkan alergi. Pilihlah jenis yang cocok atau sesuai dengan kulit.
  4. Gunakan lotion whitening. Sesungguhnya proses whitening bisa mematahkan rantai pembentukan pigmen. Jadi jika penggunaan pemutih atau whitening diberikan dalam dosis dan waktu yang tepat maka kulit akan mengalami proses pengurangan warna kehitaman tersebut. Namun, dianjurkan untuk tidak berlebihan ketika menggunakannya. Jika digunakan secara rutin maka tak menutup kemungkinan warna gelap akan berkurang selama kurang lebih dua minggu setelah pemakaian. Tetapi, perubahan ini tidak bisa dipukul rata karena setiap orang memiliki pigmen yang berbeda-beda, tergantung dari proses dan kegiatan yang dilaluinya. (IK)

No comments:

Post a Comment