Friday, November 9, 2012

Tips agar Rambut Tak Semakin Rontok di Musim Kemarau


Bagi kaum hawa, rambut rontok adalah masalah besar yang dapat merusak kepercayaan diri. Bahkan jika kerontokan rambut tidak diatasi bisa menyebabkan masalah kebotakan. Di musim kemarau, kemungkinan terjadinya rambut rontok lebih besar lagi. Namun jangan khawatir, masalah rambut rontok dapat diatasi dengan melakukan perawatan di rumah secara rutin agar kulit kepala normal, Seperti apa? 


Rambut rontok menjadi masalah banyak orang, baik yang berambut panjang maupun yang berambut pendek. Jika mengalami masalah kerontokan rambut, banyak orang yang mengatasinya dengan memotong rambutnya menjadi pendek agar tidak rontok lagi. Padahal yang demikian, tidak sepenuhnya benar.

Dijelaskan oleh Johnny Mallato, penata rambut ternama sekaligus pemilik salon terkemuka, kulit kepala yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Rambut yang tidak sehat memicu terjadinya akar rambut tidak kuat, kulit kepala terlalu berminyak dan adanya faktor genetik. Jadi jika rambut rontok sudah dipotong pendek, tetapi kulit kepalanya masih berminyak, Anda tetap berisiko mengalami masalah kerontokan.

Ditambahkan oleh dr. Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari FKUI/RSCM, rambut dikatakan rontok jika rambut kehilangan helainya kurang lebih 120 helai per hari. Terdapat beberapa penyebab yang membuat rambut rontok, seperti kondisi yang memaksa rambut berubah dari fase pertumbuhan rambut (fase anagen) ke fase istirahat (fase telogen) yang cepat. Misalnya setelah melahirkan, infeksi, trauma, stres psikis, obat-obatan (pil, KB dan antidepresan). Kerontokan bisa juga terjadi karena kerusakan pada batang rambut, misalnya karena perlakukan rambut yang salah ataupun faktor hormonal seperti kebotakan pada pria dewasa, pengaruh hormon tiroid dan lain-lain.

Saat ini cuaca begitu teriknya, sehingga lebih memicu terjadinya kerontokan rambut karena cuaca yang sangat terik membuat kondisi kulit kepala lebih lembab dan panas, sehingga lebih mudah mengalami peradangan dan infeksi. Hal tersebut terutama dialami oleh mereka yang memakai kerudung. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pemakaian kerudung akan menambah kerontokan rambut.

Mengatasi Kerontokan.
Untuk mengatasi masalah kerontokan rambut di musim panas, yang pertama harus dilakukan yaitu menghindari penyebab rambut rontok seperti faktor stres atau psikis penggunaan obat-obatan yang pengaruh terhadap rambut. Selain itu dianjurkan pemakaian sampo sesuai jenis rambut, menghindari penggunaan air panas untuk keramas, dianjurkan menggunakan air dingin atau hangat, menggunakan kondisioner rambut untuk mereka yang memiliki rambut panjang.

Di samping itu, jika diperlukan pada rambut yang rusak, dapat dilakukan treatment rambut seperti masker untuk rambut rontok serta konsumsi vitamin untuk memperkuat akar rambut misalnya vitamin A, C, selenium, zinc dan biotin. Sementara treatment yang ampuh mengatasi kerontokan rambut di musim panas terutama mereka yang banyak terpancar sinar matahari yaitu dengan menggunakan tabir surya rambut sebelum aktivitas pagi atau siang hari. Selain itu sebaiknya menghindari pancaran sinar matahari yang terlalu sering, menggunakan kondisioner rambut sehabis keramas serta perawatan masker rambut yang teratur.

Treatment tersebut cukup efektif bila dilakukan dengan teratur, kecuali ada penyebab rambut rontok lainnya seperti infeksi kulit, trauma ataupun faktor dari kondisi fisik misalnya gangguan hormonal, diet yang salah dan lain lain. Bila penyebab rambut rontok sudah dihindari, kondisi rambut baik dan asupan gizi yang cukup maka terjadinya kerontokan rambut musim panas dapat diminimalisasi. Selain treatment, faktor makanan yang berperan mengatasi kerontokan rambut di musim panas yaitu beberapa sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, zat besi dan zinc seperti bayam, brokoli, wortel, mentimun, jeruk, jambu, kiwi Serta makanan dari produk hewani seperti hasil laut, daging dan telur.

Perawatan di Rumah. Agar rambut tidak rontok perlu perawatan rutin di rumah karena  rambut juga membutuhkan nutrisi agar tetap tumbuh sehat. Perawatan pertama dengan keramas di rumah dengan menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Misalnya untuk jenis rambut berminyak, maka gunakan sampo yang cocok dapat mengurangi minyak, yang biasanya tertera di label sampo. Sementara untuk rambut kering sebaiknya menggunakan sampo untuk jenis kulit rambut kering agar kulit kepala lebih lembab. Sementara jika rambut Anda normal berarti kulit kepalanya balance sehingga rambut tumbuh dengan baik dan sebaiknya menggunakan sampo untuk jenis kulit rambut normal.

Meski keramas sangat baik dilakukan namun tidak dianjurkan setiap hari karena akan membuat rambut menjadi kering, yang justru akan membuat semakin rontok. Sementara jika terlalu sering keramas menggunakan sampo di cuaca yang panas membuat kulit rambut menjadi lebih mudah lepek dan berminyak. Sementara itu, pencucian rambut yang terlalu sering membuat menghilangnya minyak alami rambut sehingga rambut menjadi mudah patah. Karena itu keramas dianjurkan dua kali sehari.  Setelah keramas, Anda bisa menggunakan hair tonic di rumah agar rambut lebih kuat. 

Jika rambut sedang rontok, tidak dianjurkan untuk melakukan creambath. Pasalnya Salah satu tahapan creambath adalah massage kulit kepala. Jika me-massage-nya terlalu keras maka akan menyebabkan helaian rambut semakin rontok. Karena itu, kalaupun ingin melakukan creambath sebaiknya pemijatannya pelan-pelan dan tidak menekan kulit kepala terlalu keras.  

No comments:

Post a Comment