Monday, November 12, 2012

Cara Ampuh Mengusir Jerawat di Punggung


Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa hadir di punggung. Meski bisa ditutupi dengan busana, namun kehadiran jerawat punggung cukup mengganggu penampilan terutama jika Anda suka memakai busana model backless. Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya?

Seperti halnya jerawat yang tumbuh di wajah,
jerawat yang tumbuh di punggung juga mengganggu penampilan terutama bila Anda senang mengenakan busana model backless atau punggung terbuka.
Jerawat ter- jadi karena adanya peradangan berupa bintik-bintik merah dan terkadang bernanah yang disebabkan oleh jamur. Selain di wajah, jerawat juga bisa tumbuh di punggung, dada ataupun bagian lengan atas.

Jerawat punggung dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, jerawat yang berasal dari perluasan jerawat biasa yang biasanya tumbuh di punggung dan wajah, umumnya bersifat kronis dan banyak dialami oleh remaja. Kedua, kelainan kulit yang menyerupai jerawat pada  punggung, yang terkadang meluas ke seluruh tubuh, yang biasanya bersifat akut serta ditemui   pada usia remaja hingga orangtua.

Mengatasi. Meski ada dua jenis jerawat punggung, namun menurut dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, pengobatan jerawat punggung disesuaikan dengan jenis jerawat punggungnya. Jenis jerawat pertama diatasi dengan pengobatan jerawat biasa, sementara jenis jerawat kedua perlu diperhatikan penyebabnya, antara lain: 

1. Salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat di punggung adalah kurang menjaga kebersihan tubuh terutama jika Anda mudah berkeringat yang menyebabkan tubuh dalam keadaan lembab. Jika dalam kondisi demikian Anda tidak segera mandi atau minimal mengganti busana, maka bakteri akan mudah berkembang pada daerah yang lembab dan tertutup sehingga timbul jerawat di punggung.

2. Mengonsumsi obat-obatan terutama golongan corticos steroid, antibiotik, vitamin dan pil kontrasepsi, tidak bagus untuk metabolisme di dalam tubuh.

3. Selalu memakai obat oles yang mengandung corticos steroid yang kontak dengan kulit seperti halnya pemakaian kosmetik, bisa menyebabkan jerawat punggung

4. Memakai busana yang ketat bisa menyebabkan jerawat karena busana ketat menyebabkan tekanan pada kulit sehingga keringat yang keluar dari dalam tubuh tidak terserap.

Nah, jika penyebab jerawat punggung Anda karena empat hal yang sudah dijelaskan di atas, maka sebaiknya Anda menghindari penyebabnya sehingga tidak timbul jerawat punggung. Nah, selain mengatasi jerawat dengan menghindari penyebabnya maka hal lain yang perlu dilakukan adalah:

1. Menghentikan konsumsi obat-obatan bila jerawat yang tumbuh semakin banyak.
2. Bila jerawatnya meluas dan meradang sebaiknya segera diobati dengan antibiotik oral untuk mengatasi peradangan.
3. Bisa dilakukan dengan pengobatan topikal seperti pemberian bedak kocok yang mengandung sulfur, krim asam vitamin A ataupun krim antibiotik.
4. Saat mandi gunakan air dingin agar tidak menyebabkan peradangan pada jerawat.
5. Minum air putih dua liter sehari.

Ditambahkan oleh dr. Sinta Wahyuni, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk mengatasi jerawat di punggung sebaiknya dilakukan gaya hidup sehat. Agar sistem di dalam tubuh bagus maka sebaiknya melakukan olahraga secara teratur. Di samping itu, perbanyak asupan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti jeruk dan anggur. Dianjurkan juga untuk memperbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau seperti brokoli. (IK)  

No comments:

Post a Comment