Saturday, November 24, 2012

Lakukan Proses Penurunan Berat Badan Yang Lebih Menyenangkan


Memiliki berat badan ideal tanpa melakukan diet ketat yang menyulitkan akan menjadi impian setiap wanita. Di tengah tuntutan beberapa pekerjaan yang diharuskan untuk tampil rapi dengan berat badan ideal membuat sebagian wanita berlomba-lomba menurunkan berat badan secepat mungkin. Banyak Cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan mulai dari cara tradisional hingga modern. Bahkan tak sedikit wanita melakukan segala Cara meskipun tergolong tidak aman dan menyakitkan.


Diungkapkan oleh dr. David Fadjar, SpGK, dokter Spesialis gizi klinik, bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya diiringi dengan motivasi yang kuat dan tidak merasa ditekan untuk melakukannya. Sebaiknya untuk menurunkan berat badan, harus ditanamkan suasana hati yang menyenangkan agar hasilnya maksimal.

Sesungguhnya prinsip dasar menurunkan berat badan adalah menurunkan jumlah asupan kalori bukan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Jadi tidak masalah jika setiap hari tetap makan tiga kali sehari asalkan dengan kalori yang rendah dan mengurangi jumlah lemak. Contohnya jika di dalam menu sarapan sudah mengonsumsi roti gandum, maka tidak perlu lagi mengonsumsi nasi putih karena merupakan sumber karbohidrat yang sama.

Tak hanya memperhatikan asupan makanan saja, untuk menurunkan berat badan dengan tepat dan sehat perlu diperhatikan konsumsi air minum khususnya air putih Setiap harinya. Bagi orang sehat, air putih bisa dikonsumsi dua liter setiap harinya tetapi tergantung kondisi masing- masing individu. Jika rutin melakukan olahraga dan mengeluarkan keringat lebih banyak dari orang pada umumnya maka dianjurkan lagi untuk mengonsumsi air putih lebih dari dua liter per hari.

Kombinasi jenis minuman yang dikonsumsi terkadang diperlukan untuk menghindari kebosanan. Namun, dianjurkan untuk menghindari minuman manis dalam  kemasan karena tingkat gulanya sangat tinggi. Sebagai variasi konsumsi atau minum teh hijau menjelang sore bisa dilakukan mengingat kandungan antioksidan di dalam teh   hijau tergolong tinggi dan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Terakhir, hal yang melengkapi program penurunan berat badan adalah kualitas tidur yang cukup dan olahraga. Untuk olahraga yang dianjurkan, Anda bisa melakukan aerobik yang moderat dan tidak harus terlalu ngoyo. Untuk hasil maksimal, Anda bisa melakukan olahraga lima kali dalam seminggu selama kurang lebih 30 menit. Jenis olahraga yang dilakukan di antaranya treadmill, berenang atau bersepeda. Dengan disiplin menjalankan pola makan yang baik sekaligus olahraga yang teratur tak menutup kemungkinan berat badan Anda akan kembali normal dengan cara alami. (IK)

No comments:

Post a Comment