Sunday, November 25, 2012

Jerawat Membandel Lenyap Berkat Terapi Alga

Jerawat, tidak hanya dialami para remaja sebagai pertanda akil balik, orang dewasa pun tidak luput dari masalah jerawat yang sangat mengganggu, terutama di daerah wajah. Kehadiran jerawat tentu saja membuat penampilan terlihat kurang cantik, apalagi jerawat yang meradang. Lalu bagaimana mengatasinya?


Wajah mulus tanpa jerawat membuat seorang wanita akan terlihat lebih cantik dan kulit lebih cerah. Sayangnya tak semua orang dikaruniai wajah yang halus dan mulus tanpa jerawat. Umumnya jerawat dialami oleh para remaja yang sedang memasuki mega pubertas karena pada usia tersebut terjadi perubahan hormon. Namun tak menutup kemungkinan di usia dewasa, jerawat membandel masih saja betah bertengger di wajah.

Banyak cara modern untuk mengatasi masalah jerawat, seperti krim anti-jerawat, suntik jerawat, dan treatment-treatment lainnya. Namun, ternyata cara tradisional dengan bahan alami tumbuhan alga juga ampuh mengusir jerawat yang membandel

Alga Hijau. Ada dua jenis alga, yaitu alga merah dan alga hijau. Khasiat dari tumbuhan yang juga disebut ganggang ini sangat bagus menyembuhkan berbagai penyakit dan bermanfaat bagi kecantikan karena mengandung asam amino, vitamin dan protein tinggi. Protein diketahui dapat membantu pertumbuhan kuiit, kuku dan rambut menjadi lebih baik

Dijelaskan oleh Drs. Alamsyah Agus, MM, pakar herbal, alga memang bagus digunakan untuk mengatasi wajah yang sedang mengalami peradangan dan sedang berjerawat, terutama alga hijau. Alga hijau bermanfaat menggantikan sel-sel yang mati dan lemah. Di bidang kecantikan zat xantin dalam alga merupakan betakaroten untuk memperhalus, memperbaharui sel-sel kulit, serta mencerahkan dan membersihkan kulit wajah.

Alga juga mengandung germanium, magnesium dan kalsium, serta memiliki cadangan vitamin B yang cukup sehingga bagus untuk pertumbuhan tulang, gigi, rambut dan mata. Kandungan asam amino, vitamin C, dan vitamin B Kompleks (termasuk B3) memberikan keseimbangan pada kondisi kulit.

Masker Alga. Untuk mengatasi jerawat, alga sebaiknya dikonsumsi secara oral (diminum) dan dijadikan masker. Saat ini sudah banyak tersedia produk produk suplemen yang berbahan alga, yang sebaiknya diminum setiap hari, yaitu pada pagi, siang dan malam hari. Sementara  untuk alga yang dijadikan masker, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah. 

Cara membuat masker alga cukup mudah yaitu segenggam alga hijau dicuci bersih, lalu diperas hingga isinya bisa keluar. Isi dari alga inilah yang dijadikan masker. Sebelum menggunakan masker alga, sebaiknya wajah dibersihkan terlebih dulu hingga bersih menggunakan facial wash ataupun cleansing milk. Berikutnya alga ditempelkan pada wajah yang berjerawat. Masker didiamkan selama 10 menit, lalu cuci hingga bersih menggunakan air hangat. 

Untuk mengatasi jerawat sebaiknya masker alga digunakan dua kali sehari, pagi dan malam hari, agar hasilnya lebih maksimal. Dengan rutin minum suplemen alga dan memakai masker alga selama dua minggu maka hasilnya akan terlihat yaitu kulit wajah bersih dari jerawat, halus dan cerah. 

Dr. Nila Sandra Pridady, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin membenarkan bahwa alga mampu mengurangi peradangan pada wajah. Namun untuk mengatasi jerawat tak cukup dengan alga. Wajah juga harus dibersihkan secara rutin dua kali sehari, pada pagi dan malam hari, agar tidak terjadi penumpukan bakteri penyebab munculnya jerawat pada wajah. Untuk wajah yang berjerawat sebaiknya pilih sabun pencuci wajah yang mengandung sulfur. 

Lebih lanjut dr. Nila memberikan tips, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan sun block, juga hindari sesuatu yang bersifat panas seperti terlalu lama di depan kompor gas. Perlu diperhatikan juga, jangan olahraga fitnes secara berlebihan karena dapat memicu keluarnya keringat berlebih sehingga peradangan makin banyak. Dianjurkan menerapkan pola hidup yang sehat, serta menjaga kondisi tubuh dan pikiran agar tidak mudah stres serta istirahat yang cukup. Juga melakukan perawatan rutin sebulan sekali seperti facial, serta rutin menggunakan masker seminggu sekali agar kulit tetap kencang dan bersih dari jerawat.  

Penyebab Jerawat. Jerawat merupakan Acne vulgaris yaitu peradangan dari folikel rambut yang biasanya timbul di wajah sekitar lengan atas bahu dada hingga punggung. Jerawat dibedakan menjadi jerawat yang meradang dan tidak meradang. Jerawat yang tidak meradang disebut komedo berbentuk hitam yang ada di area sekitar hidung. Sementara jerawat yang meradang adalah jerawat yang besar bernanah serta bisul. 

Jerawat umumnya timbul pada masa pubertas karena biasanya saat itu produksi hormon testosteron tinggi. Hormon testosteron mengakibatkan kelenjar minyak meningkat dan aktif sehingga semakin besar dan banyak. Kurang tidur, stres, pemakaian kosmetik yang tidak tepat, faktor keturunan, serta faktor makanan seperti cokelat, kacang dan makanan pedas menjadi penyebab timbulnya jerawat. 

Faktor lainnya adalah hormonal pada masa kehamilan, setelan kehamilan dan pengaruh obat-obatan. Jerawat bisa terjadi karena faktor hormonal, jika pada saat yang bersamaan kulit menghasilkan minyak yang berlebihan. Ketika kelenjar minyak yang berlebih bertemu dengan sel-sel kulit mati maka akan keluar melalui pori-pori. Sel-sel kulit mati ini terkadang menempel satu sama lain dan mengalami penyumbatan yang disebut sumbatan folikel. Sumbatan ini terjadi karena penumpukan bakteri P-acne sehingga menyebabkan peradangan kulit. Pengaruh hormon yang mengalami penyumbatan folikel inilah yang menyebabkan timbul jerawat. (IK)

No comments:

Post a Comment