Saturday, November 24, 2012

Awet Muda di Usia 40 Berkat Telur dan Buah


Di usia 40 tahunan kulit yang dahulu terlihat kencang mulai dihinggapi oleh keriput halus terutama di daerah garis senyum hingga vlek hitam (hiperpigmentasi). Meski dialami setiap orang, tetapi timbulnya tanda-tanda penuaan, tentu saja membuat siapa pun mulai khawatir.   Namun, masalah penuaan ini dapat diatasi dengan bahan-bahan alami seperti telur, alpukat, tomat dan buah berry yang mengandung asam folat dan antioksidan tinggi. Alhasil, Anda pun lebih awet muda. Ingin seperti itu?

Memasuki usia 40 tahunan kaum hawa mulai dihinggapi oleh masalah krisis kepercayaan diri. Pasalnya, di usia kepala empat ini beragam ciri penuaan kulit mulai menghinggapi kulit wajah, mulai dari masalah keriput halus yang menghiasi area sekitar mata dan bibir, garis senyum (smiling line) yang terlihat semakin kentara, serta timbulnya vlek hitam (hiperpigmentasi).

Timbulnya beragam masalah penuaan kulit ini tentu saja akan membuat kecantikan kulit wajah perlahan- lahan mulai memudar. Timbulnya tanda-tanda penuaan ini seiring dengan bertambahnya usia. Semakin usia bertambah maka keseimbangan hormon estrogen, PHG dan PHA, HPG dan HPA juga turun. Menurut dra. Titi Miranti, MM, APT,  dan HPA juga turun. Menurut dra. Titi Miranti, MM, APT, herbalis yang praktik di Duren Sawit, Jakarta Timur, penurunan keseimbangan hormon ini bisa memicu terjadinya penurunan keseimbangan seluruh jaringan di dalam tubuh, tak terkecuali penurunan keseimbangan lapisan kolagen (protein yang mempunyai jaringan ikat) pada kulit. Kolagen sendiri memiliki peran penting dalam mengikat jaringan kulit agar terlihat lebih kencang. Turunnya jumlah jaringan kolagen ini tentu saja akan membuat kulit Anda terlihat semakin kendur dan menggelambir di usia 40 tahunan.

Nutrisi Sehat. Meski penuaan pasti dialami semua orang, tetapi penuaan bisa diperlambat dengan berbagai treatment modern dan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi sehat. Untuk mencegah penuaan maka pilih makanan yang dikenal baik untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit.

Jaringan kolagen dalam tubuh sangat memengaruhi kekencangan kulit, karena itu sebaiknya makan makanan yang mengandung protein seperti telur, dan vitamin C dari sayur-sayuran dan buah-buahan seperti alpukat, tomat dan buah berry. Semakin banyak dikonsumsi maka jaringan kolagen akan semakin bagus. Jika konsumsi makanannya cukup dan seimbang, maka kulit Anda pun akan tetap kencang di usia 40 tahun.

Menurut Denny M. Ramdhan, N.d. Bsc. D, ACCU, salah seorang pakar herbal, kulit yang cantik dan kencang juga bisa diperoleh dengan banyak mengonsumsi sumber makanan yang kaya kandungan vitamin A, C dan E (antioksidan). Ketiga kelompok vitamin ini sangat bermanfaat untuk mencegah masuknya radikal bebas Ke dalam tubuh. Sebagaimana diketahui, radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penuaan pada kulit. Tak terkecuali penuaan pada kulit wajah. Karena perannya sangat vital bagi kecantikan kulit, maka ketiga sumber vitamin ini wajib Anda konsumsi setiap hari.

Empat Bahan Makanan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cantik dan sehat di usia kepala empat ada beberapa makanan kaya nutrisi sehat yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu telur, alpukat, tomat dan buah berry. Berikut penjelasannya:

1. Telur. Telur, terutama bagian putih telur, kaya akan kandungan protein yang sangat tinggi. Bahkan, di dalam sebutir telur, terkandung 9 asam amino penting yang tidak diproduksi oleh tubuh. Karena itu, tak salah jika telur berfungsi meningkatkan kadar protein di dalam tubuh. Kandungan protein yang tinggi ini bisa menambah jaringan kolagen kulit yang menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu tak berlebihan jika mereka yang rutin mengkonsumsi telur, akan terlihat lebih awet muda ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi telur.

Selain kaya akan kandungan protein, telur juga kaya akan kandungan zat lutein dan zeaxanthin. Kandungan dua zat ini membuat telur mempunyai kemampuan antioksidan empat kali lebih tinggi dibandingkan bahan lainnya. Selain itu, telur juga bisa melindungi kulit Anda dari efek negatif sinar ultraviolet penyebab penuaan dini.

Untuk awet muda di usia 40 tahun ke atas, sebaiknya memilih telur ayam kampung daripada telur ayam negeri. Pasalnya menurut Ranun Keysa Lestari, terapis dan pakar herbal yang praktik di Bintaro, telur ayam kampung yang bebas dari suntikan hormon tentunya memiliki khasiat yang lebih besar dibandingkan dengan telur ayam negeri yang diberi suntikan hormon.

Meskipun memiliki manfaat yang sangat besar bagi kecantikan kulit, namun untuk menghindari terjadinya efek negatif seperti kolesterol tinggi ataupun jerawat, maka sebaiknya telur ayam kampung ini tidak dikonsumsi secara berlebihan (lebih dari 2-3 telur dalam sehari).

Selain dikonsumsi, Anda yang ingin tampil cantik di usia kepala empat juga bisa memantaatkan telur ini sebagai masker kulit wajah. Cara membuat masker telur, sebutir ayam kampung dipecahkan, lalu pisahkan bagian putih telur dengan bagian kuningnya. Ambil bagian putih telurnya lalu campurkan dengan 1 sdm madu asli atau kacang almond yang telah ditumbuk halus, kemudian diaduk hingga rata. Sebelum dioleskan ke area kulit wajah, Anda disarankan untuk membersihkan area Kulit wajah terlebih dahulu. Setelah benar-benar bersih barulah Anda diperbolehkan membalurkan maskernya ke kulit wajah. Diamkan selama 15-20 menit lalu dibilas dengan air hangat.

Setelah maskeran, kulit wajah Anda akan terlihat lebih kencang dari sebelumnya. Kandungan protein putih telur yang sangat tinggi merupakan nutrisi yang bagus bagi jaringan kolagen kulit. Untuk memperoleh hasil maksimal, masker putih telur ini bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

2. Tomat. Di balik buahnya yang bulat dan warnanya yang cerah, ternyata tomat kaya akan kandungan likopen, kandungan vitamin C, vitamin E dan , betakaroten. Dengan semua kandungan ini tak berlebihan jika tomat memiliki kemampuan menjaga kelenturan kulit dan memperlambat proses penuaan.

Untuk mempercantik kulit di usia 40 tahunan, buah tomat ini bisa dikonsumsi secara langsung. Caranya ambil satu buah tomat ukuran sedang, cuci bersih dengan air mengalir lalu langsung dikonsumsi. Untuk memperoleh hasil maksimal buah tomat ini sebaiknya rutin dikonsumsi sehari sesaat Sebelum makan ataupun sesudah makan. Jika tomat ini dikonsumsi secara rutin, maka kulit Anda akan terlihat lebih segar, lembut, dan bercahaya dalam waktu 1-6 bulan.

Namun jika Anda bermasalah dengan kulit berminyak, jerawat dan vlek hitam maka selain dikonsumsi secara langsung, tomat bisa juga diolah jadi masker tomat. Dua buah tomat segar dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam blender, lalu blender tomat hingga halus tanpa menggunakan air. Setelah tomat halus, balurkan secara merata pada bagian kulit yang bermasalah. Sebelum membalurkan sebaiknya bersihkan dahulu wajah Anda. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat dan air dingin untuk mengecilkan pori-pori. Jika masker tomat ini dioleskan secara rutin seminggu sekali, maka kulit Anda akan terlihat  lebih segar, lebih bersih dan bercahaya dalam waktu 3-6 bulan. Setelah mendapatkan hasil maka untuk maintenance ramuan ini cukup dioleskan seminggu sekali.

Karena tergolong bahan alami, buah ini relatif aman bagi siapa saja. Hanya saja jika Anda bermasalah dengan kulit sensitif dan alergi terhadap tomat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi maupun mengoleskan maskernya karena ditakutkan akan memicu efek samping berupa kemerahan, iritasi, bengkak, radang dan gatal-gatal.

3. Alpukat. Besarnya khasiat alpukat untuk mempercantik kulit dan mengencangkan kulit wajah di usia 40 tahunan sebenarnya sudah lama dikenal dalam dunia kecantikan. Bahkan daging buah alpukat yang kaya akan kandungan senyawa Karotenid (betakaroten, alfakaroten yang merupakan zat antioksidan) telah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan kosmetik kulit wajah. Pasalnya, alpukat dapat diolah menjadi emolien, yaitu bahan kosmetik yang dapat menghaluskan dan melembutkan kulit wajah.

Selain itu, alpukat juga kaya kandungan vitamin A, C dan vitamin E (antioksidan) yang memiliki fungsi menghaluskan kulit, membuat kulit menjadi lebih kenyal, menghilangkan kerutan, membuat kulit terlihat muda dan segar. Karena itu tak berlebihan jika mereka yang , rutin mengonsumsi buah alpukat akan terlihat lebih awet muda ketimbang mereka yang tidak rutin mengonsumsi alpukat.

Tak hanya itu, alpukat juga kaya akan kandungan glutation yang berkhasiat membersihkan kadar radikal bebas pada makanan berlemak yang Anda konsumsi. Alpukat juga menyediakan 18 asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membentuk protein lengkap. Karena kandungan protein ini juga kaya akan kandungan serat maka A kandungan protein dalam alpukat ini mudah diserap oleh tubuh. Satu buah alpukat dicuci bersih di air yang mengalir  lalu di kupas dagingnya dari kulit, sesudah daging buah alpukat diblender hingga halus, sesudah itu dapat langsung dikonsumsi. Untuk mendapatkan hasil sebaiknya dikonsumsi 2-3 kali seminggu.

Jika kulit Anda berjenis kering, maka buah alpukat dapat dijadikan masker wajah. Kulit bagian dalam alpukat yang kaya akan kandungan minyak yang tinggi langsung dioleskan secara merata ke area kulit wajah yang telah dibersihkan. Masker alpukat bisa digunakan setiap hari. Meski aman, namun jika kulit Anda sensitif sebaiknya tidak mengonsumsi ataupun menggunakan masker alpukat karena bisa memicu efek samping kemerahan, iritasi, bengkak, radang dan gatal.

4. Buah Berry. Di balik rasanya yang manis dan lezat buah berry ternyata bisa dimanfaatkan sebagai salah satu resep awet muda di usia 40 tahunan karena antioksidannya tinggi yang dapat menangkal serangan radikal bebas penyebab penuaan dini. Buah berry juga mengandung zat besi dapat dimanfaatkan sebagai zat pembersih dan pemutih pada kulit wajah. 100 gr buah berry matang dihancurkan dengan blender, lalu dioleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bersihkan dengan air mengalir. Lakukan perawatan ini secara rutin 1-2 kali dalam Seminggu.

Agar hasilnya lebih maksimal, masker buah berry sebaiknya dikombinasikan dengan konsumsi langsung buah berry. Caranya ambil 8 buah berry ukuran sedang (40% kebutuhan Vitamin C di dalam tubuh), cuci bersih dengan air mengalir lalu dikonsumsi secara langsung. Untuk mendapatkan hasil, sebaiknya buah ini dikonsumsi setiap hari.

Karena tergolong bahan alamiah, maka buah berry ini tergolong aman dikonsumsi oleh siapa saja, Hanya saja bagi Anda yang bermasalah dengan kulit sensitif dan alergi terhadap buah berry tidak dianjurkan untuk mengonsumsi maupun mengoleskan maskernya karena dikhawatirkan akan memicu efek samping berupa kemerahan, iritasi, bengkak, radang dan gatal- gatal. (IK)


No comments:

Post a Comment