Thursday, November 8, 2012

5 Solusi Penuhi Hasrat Biologis Pasangan.


Berbicara soal seks, masih banyak orang menganggapnya tabu. Namun tahukah Anda, jika tak bisa mengomunikasikan kebutuhan biologis bersama pasangan bisa berbuntut panjang? Tentu tak ada yang mau pasangan berselingkuh hanya karena kebutuhan biologisnya tak terpenuhi dan Anda enggan mengomunikasikannya. Lantas bagaimana cara mengomunikasikan jika anda atau pasangan tidak mood atau tidak puas? 


Hidup langgeng hingga kakek nenek, tentu jadi dambaan semua pasangan suami istri. Namun bagaimana jika pasangan Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan biologis Anda?  Menurut Aurora MSi, Psi, Psikolog yang praktik di Klinik KEARA, Jakarta Timur, dalam berumah tangga harus terjalin komunikasi yang baik antara suami istri. “Kualitas dan kuantitas hubungan suami istri tetap perlu dijaga agar keluarga tetap harmonis. Jangan sampai akibat Anda tak bisa memenuhi kebutuhan seksual pasangan membuatnya selingkuh," tuturnya.

Sudah bukan rahasia dalam berumah tangga pasang surut itu pasti ada, begitu juga  dalam urusan bercinta. Ada kalanya pasangan memiliki hasrat menggebu namun ada kalanya tidak mood. Menurut Parsianti, M.Psi, psikolog dari Department Psikiatri RSCM, perlu keterbukaan dengan pasangan agar apa yang menjadi keinginan tercapai. “Aktivitas seksual itu juga harus dibicarakan, dipelajari, agar tercapai kepuasan bersama demi menjaga keharmonisan keluarga,” terangnya.

Dampak. Sayangnya hingga saat ini masyarakat Indonesia masih enggan terbuka persoalan ranjang. Padahal hal ini menjadi sangat penting dalam hubungan rumah tangga. Dan, apabila hubungan seks tak bisa memuaskan salah satu pasangan yang dikhawatirkan terjadinya perselingkuhan, “Perselingkuhan dapat terjadi jika salah satu pasangan merasa tidak puas atau mulai tidak nyaman dalam berhubungan seks. Sehingga pasangan mencari orang lain untuk bisa memuaskan kebutuhan biologisnya. Ini yang bahaya bagi keutuhan rumah tangga,” ucap Aurora.

Solusi yang harus dicari adalah dengan membicarakan soal seks yang Anda dan pasangan rasakan. “Sering kali kita enggan membicarakan tentang seks kepada pasangan karena perasaan malu atau takut. Mengapa Anda tabu membicarakannya seperti kalau Anda senang disentuh dengan cara tertentu, atau punya fantasi tertentu,” ungkap Parsianti, M.Psi.

Namun jika komunikasi Anda dan pasangan tak juga mendapatkan titik temu, langkah yang Anda harus terima adalah saling mengerti dan memahami. Misal saja Anda yang telah sangat bergairah rupanya tak juga merasakan kenikmatan seksual, sedangkan suami begitu cepat mencapai kepuasan seksualnya, Anda harus berbesar jiwa dan memahami mungkin kondisi psikis suami sedang lelah bekerja. “Selain berusaha mengomunikasikan semua urusan rumah tangga termasuk kebutuhan bioiogis Anda bersama pasangan, saling mengerti dan memahami kondisi masing-masing bisa jadi jalan keluar terbaik,” jelas Aurora.

Tips. Beberapa tips agar hubungan seks bisa terjalin harmonis:
  •  Komunikasikan dengan pasangan mengenai masalah seks agar Anda dan pasangan mencapai  apa yang menjadi keinginan bersama
  • Jujur dan terbuka terhadap pasangan agar sama-sama mengetahui kekurangan dan kelebihan pasangan,Serta apa yang diinginkan pasangan.
  • Meluangkan waktu bersama pasangan guna memupuk kemesraan.
  • Berinovasi dalam berhubungan seks agar  tidak monoton dan lebih bervariasi,
  • Berkonsultasi dengan psikiater jika Anda dan pasangan merasa ada masalah dalam urusan rumah tangga yang bisa mengancam keharmonisan keluarga, karena Anda dan pasangan tak menemukan titik temu kebahagiaan dalam berhubungan seks. 
    Sumber: Tabloid Femme

No comments:

Post a Comment