Wednesday, October 31, 2012

Diet Seimbang Untuk Tubuh Langsing dan Sehat


Meskipun banyak alternatif cara yang dilakukan demi mempertahankan atau menurunkan berat badan ke angka proporsional. Namun, penurunan berat badan sebaiknya dilakukan dengan proses yang wajar agar membuahkan hasil yang baik dan tidak merugikan tubuh.
Menurut Mochamad Rachmat; Lektor Kepala Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta ll untuk menurunkan berat badan ke berat ideal, pola makan yang dilakukan harus memenuhi prinsip gizi seimbang dengan mengonsumsi beranekaragam makanan untuk memenuhi semua unsur gizi yang diperlukan.


Sesungguhnya unsur gizi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Namun semuanya dikomposisikan dengan jumlah yang tepat agar tidak berlebihan. Sebaiknya komposisi makanan mengandung 55-65 persen karbohidrat, 20-25 persen lemak dan 15-20 persen protein dari total energi yang dibutuhkan dalam satu hari.

Bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan sebaiknya kurangi energi kira-kira 500-1000 Kal dari kebutuhan. Contohnya jika kita membutuhkan 2000 Kal maka kita harus memenuhi hanya 1500 Kal dengan demikian tubuh kita akan mengalami defisit energi sebesar 500 Kal yang setara dengan 55 gr lemak. Maka jika diakumulasi dalam sebulan kita sudah kehilangan lemak tubuh sebesar 1650 gr atau 1,65 kg lemak. Jika kita mampu mengurangi 1000 Kal maka dalam sebulan berat badan yang akan berkurang adalah 3,3 kg dan penurunan berat badan tersebut masih tergolong aman bagi kesehatan.

Tak hanya itu saja, bagi mereka yang ingin menjalani diet ketat dengan mengonsumsi salah satu bahan makanan demi mendapatkan hasil cepat, perlu dihimbau bahwa dalam prinsip diet gizi seimbang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi salah satu bahan makanan atau memperbanyak satu bahan makanan dengan sangat berlebihan. Meskipun pada dasarnya banyak bahan makanan yang bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi diet apapun namanya harus tetap memperhatikan keseimbangan komposisi zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Setidaknya dalam usaha menurunkan berat badan harus dilakukan secara bertahap dan tidak boleh terlalu drastis. Perlu diketahui, bila diet dilakukan terlalu drastis menurunkan berat badan secara langsung akan berdampak negatif pada sistem metabolisme tubuh. Biasanya efek penurunannya tidak akan berlangsung lama tetapi akan kembali gemuk. Intinya dalam upaya menurunkan berat badan, Anda dianjurkan untuk makan seperti biasa dengan menu beraneka ragam tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit dari kebutuhan energi total sehari.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa penurunan berat badan jangan hanya terfokus pada penurunan berat badan saja tetapi tetap memperhatikan kesehatan. Yang wajib diperhatikan bahwa penurunan berat badan yang terjadi harus disebabkan berkurangnya lemak dalam tubuh bukan cairan tubuh. Karena itu, selain memperhatikan penurunan berat badan sangat penting diketahui komposisi lemak tubuh harus berada pada kisaran yang normal yaitu 21-25 persen untuk wanita dan 18-22 persen untuk pria. (IK)  

No comments:

Post a Comment