Wednesday, October 31, 2012

Tips agar Hair extension Tidak membuat rambut rontok


Hair extension menjadi tren di kalangan banyak wanita, terutama artis dan sosialita. Hair extension selain mudah dipakai, juga merupakan cara cepat untuk membuat rambut terlihat panjang.

Namun demikian, rambut yang di-hair extension harus dirawat ekstra agar tidak menimbulkan kerusakan dan kerontokan rambut. Bagaimana perawatannya?


Kini dengan teknik penyambungan rambut seperti hair extension Anda bisa memiliki rambut panjang seperti yang Anda inginkan hanya dalam waktu 1-2 jam, cukup singkat bukan?

Jika rambut Anda dipanjangkan dengan teknik hair extension ini maka Anda harus ekstra merawat rambut agar rambut tidak mengalami kerusakan dan kerontokan parah. Dijelaskan oleh Abby, make up artist dan hairstylist penggunaan hair extension yang berganti-ganti dengan jenis hair extension yang berbeda-beda bisa menyebabkan rambut kusut rontok dan putus-putus, apalagi jika rambutnya tidak dirawat.

Namun Anda tak perlu khawatir jika rambut yang di-hair extension akan rusak. Pasalnya menurut Fenny Hamid, hairstylist dan make up artist terkenal, jika Anda tahu tahapan pemakaian hair extension hingga perawatan rambut yang di-hair extension maka tidak akan menyebabkan kerusakan rambut dan kerontokan rambut parah. Perawatan rambut yang dilakukan adalah perawatan rambut harian dan perawatan rambut secara berkala.

Delapan Tips. Berikut delapan tips agar rambut yang di-hair extension tidak mengalami kerusakan dan kerontokan rambut parah:

1. Pemilihan Jenis Hair Extension.  Pertama Kali yang harus diperhatikan adalah jenis hair extension-nya. Saat memilih hair extension, Anda harus tahu jenis hair extension apa yang akan dipakai karena hal tersebut akan menentukan bagus atau tidaknya hair extension Anda.

2. Pemasangan Hair Extension.Anda juga harus memperhatikan pemasangan hair extension. Saat pemasangan hair extension kondisi rambut harus bersih dan kering. Untuk menambah agar volume rambut terlihat cantik dan bagus maka pemakaian hair extension harus dilakukan setahap demi setahap.

3. Sesuaikan dengan Jenis Rambut. Pemakaian hair extension harus disesuaikan dengan jenis rambut. Jika sudah diketahui jenis rambutnya, maka akan diketahui hair extension apa yang akan dipakai sehingga pemakaian hair extension akan terlihat alami. Jika antara hair extension dan jenis rambut tidak sesuai akan menyebabkan rambut tidak terlihat bagus, bahkan akan menjadi kusut. Jika rambut Anda sedang mengalami masalah kerontokan rambut dan berketombe maka pemakaian hair extension tidak dianjurkan karena akan memperparah kerontokan.

4. Melakukan Pengecekan Hair Extension Secara Berkala. Meski rambut sudah di-hair extension namun Anda tetap harus melakukan pengecekan kondisi hair extension Anda secara berkala 1-1,5 bulan sekali.

5. Perhatikan Penggunaan Sampo.Untuk rambut yang di-hair extension sebaiknya menggunakan sampo khusus hair extension dan sampo yang mengandung susu agar rambut terlihat indah dan bagus.

6. Perhatikan Cara Keramas. Cara keramas juga harus  diperhatikan yaitu saat keramas kepala harus tegak atau mendongak. Sesudah itu gerakan jari dilakukan secara vertikal atau horizontal serta tidak terlalu renggang, serta gerakan tidak boleh terlalu keras karena akan menyebabkan rambut rusak dan rontok. Untuk menjaga kebersihan rambut sebaiknya keramas tiga kali seminggu. Setelah dikeramas, keringkan rambut dengan cara di angin-anginkan saja.

7. Penggunaan Kondisioner Rambut. Untuk rambut yang di-hair extension gunakan kondisioner pada ujung rambutnya saja. Begitu juga jika Anda menggunakan leave-in conditioner Penggunaan kondisioner ataupun leave-in conditioner diperlukan agar hair extension tidak mudah kusut dan tetap berkilau. Namun kondisioner tidak digunakan pada sambungan ring karena akan membuat daya rekatnya berkurang.

8. Perhatikan Cara Menyisir Rambut. Sebaiknya menyisir rambut dari arah bawah, lalu ke atas untuk menghindari rambut hair extension menjadi kusut. Sisir bagian atas dengan sikat sasak hingga 2 cm sebelum sambungan, lalu sisir bagian sambungan dengan sisir biasa. Hindari kebiasaan menyisir dengan keras dan cepat karena akan membuat rambut rusak. Hindari juga menyisir rambut terlalu sering agar helai-helai rambut tidak mudah patah. (IK)  

No comments:

Post a Comment