Monday, October 22, 2012

Obat Rumahan Untuk Osteoporosis


Ada banyak cara untuk membalikkan bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit yang menipiskan tulang itu. Semakin besar osteoporosis akan menghindar.  

Obat-obat” berikut ini bisa ditemukan di rumah. Jadi, mengapa tidak mencoba bahan-bahan dari dapur sendiri yang dapat menebalkan kembali tulang Anda?

  1. Buncis Kalengan. Ambil dua kaleng buncis atau kaleng makanan apa saja asalkan beratnya tidak lebih dari 0,5 kg. Genggam kaleng pada masing- masing tangan dan angkat beberapa kali. Kaleng-kaleng tersebut memiliki berat ideal untuk pemula yang ingin menguatkan otot. Menguatkan otot akan memperkuat tulang.
  2. Selai kacang. Menurut situs How Stuff Works, Studi terbaru pada nutrisi dan osteoporosis menemukan bahwa magnesium adalah komponen vital untuk memperkuat, memelihara, dan membangun kembali tulang. Anda bisa mendapatkan 50 mg magnesium dengan mengonsumsi 2 sendok makan selai kacang. 
  3. Cuka. Beberapa tetes cuka ketika Anda memasak sup akan menambah cadangan kalsium dalam tulang. Demikian pula jika ingin menjadi- kan cuka sebagai bagian dari salad dressing. 
  4. Apel. Boron adalah mineral minor yang dapat membantu tubuh mempertahankan kalsium. Boron juga berfungsi sebagai pengganti estrogen, kelas ringan.  Semakin cepat estrogen menghilang, semakin cepat tulang keropos, Boron terdapat dalam apel dan juga buah lain, seperti pir, kurma, kismis, dan persik. Bisa juga dijumpai dalam kacang-kacangan seperti almon, kacang tanah, dan hazelnut.
  5. Pisang. Makan satu buah pisang per hari untuk membangun tulang. Studi membuktikan, kaum perempuan yang mengasup banyak kalium juga memiliki tulang punggung dan pinggul yang lebih kuat.
  6. Brokoli. Makan setengah mangkuk brokoli yang telah diolah untuk mendapatkan vitamin K. Studi menemukan bahwa perempuan yang telah menopause akan mengalami osteoporosis jika rendah asupan vitamin K. 
  7. Sayuran Berdaun. Bayam, selada, collard, dan kale adalah pilihan tepat
  8. Margarin. Oleskan satu sendok makan margarin rendah lemak trans di atas roti untuk satu dosis vitamin D, yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium. 
  9. Susu. Agar tulang kuat,mendapatkan kalsium yang cukup adalah kewajiban. Satu cangkir susu mengandung 300 mg kalsium. 
  10. Jus Jeruk. Minum satu gelas jus jeruk untuk mendapatkan vitamin C diperlukan dalam upaya membangun kembali tulang. Asupan vitamin C yang cukup sangat vital untuk mencegah osteoporosis.
  11. Jus Nanas. Minum satu cangkir jus nanas dan tubuh Anda akan mendapat kan mangan. Studi menemukan bahwa defisiensi mangan dapat menyebabkan tulang keropos. Sumber lain mangan adalah oat, kacang-kacangan, buncis, sereal, bayam dan teh. 
  12. Salmon dan sarden. Keduanya kaya akan kalsium. Salmon juga kaya akan vitamin D.
  13. Tahu. Kedelai terbukti merupakan makanan potensial untuk memperkuat tulang. Kedelai mengandung protein yang bertindak selaku estrogen lemah, disebut fitoestrogen, yang membantu perempuan mendapatkan tulang kuat.
  14. Yoghurt. Laktosa atau gula dalam yoghurt sudah dipecah sehingga penderita intoleransi laktosa pun dapat menyantapnya dan mendapatkan kandungannya yang kaya kalsium.
Sumber: Tabloid Gaya Hidup Sehat

No comments:

Post a Comment