Friday, October 26, 2012

Atasi Vlek Hitam di wajah Dengan Perasan Air Jeruk Lemon


Wajah adalah aset. Karena wajah merupakan daya tarik utama bagi wanita sehingga bagian ini membutuhkan perhatian ekstra dibandingkan bagian tubuh yang lain. Seiring dengan pertambahan usia, berbagai permasalahan kerap menyerang kulit wajah. Di antaranya vlek hitam. Coba saja oleskan air perasan buah lemon ke area kulit wajah yang bervlek hitam. Jika Anda telaten memakainya, wajah bebas vlek hitam bukan sekedar impian.

Setiap orang memiliki impian mempunyai wajah yang putih dan bersih, baik pria maupun wanita. Tetapi wajah yang putih, bersih, dan bebas jerawat tidak dimiliki setiap orang. 
Berbagai macam cara ditempuh agar mendapatkan kulit wajah yang sehat dan menarik. Bisa dengan memakai krim yang dibeli di apotek atau pun ke dokter. Bisa juga dengan memakai bahan-bahan herbal dan alami.

Tak bisa ditampik, dikarenakan beberapa hal tertentu wajah yang semula mulus, tiba-tiba terserang vlek hitam yang cukup mengganggu. Menurut dr Dwi Ro Santi, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Graha Kedoya Jakarta Barat bahwa vlek hitam atau dark spot atau hiperpigmentasi adalah kelainan kulit berupa munculnya bercak/vlek yang lebih gelap daripada warna kulit normal.

Penyebab. 
Masalah vlek hitam bisa diderita oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Rata-rata mulai timbul pada usia 20-an sampai 30-an tahun. Umumnya disebabkan karena produksi pigmen kulit (melanin) yang meningkat (hipermelanosls/melanoderma). Selain itu, bisa juga disebabkan karena bekas jerawat, pemakaian pil kontrasepsi, dan karena terkena paparan sinar matahari. Khusus untuk ibu hamil dikenal dengan istilah  melasma. 

Nah, untuk mengatasi vlek hitam, Anda bisa mengoleskan air perasan lemon. Kandungan utama dalam buah lemon terdiri atas asam sitrat, vitamin C, gula, dan gum. Untuk kandungan lainnya terdiri atas minyak esensial sekitar 2,5% yang mencakup di dalamnya D-limonene (90%), citral (3-5%), nonanal, decanal, dodecanal, linalyl acetate, geranyl acetate, citronelyl acetate, anthranil acid methyl ester dan flavonoid serta naringine, neohesperidine, rutin, hesperidine, dan eriocritin.

Sementara itu, dr. Inggrid Tania, MSi. herbalis dan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) Jabodetabek mengatakan, bahwa zat dalam buah lemon berguna untuk menghilangkan vlek hitam adalah flavonoid dan Vitamin C.

Cara Pembuatan. 
Untuk membuat air perasan lemon, caranya sangat simpel. Ambil satu buah lemon ukuran sedang. Lalu, cuci bersih di bawah air yang mengalir. Belah secara melintang menjadi 2 bagian, kemudian peras airnya. Tampung dalam sebuah wadah bisa berupa mangkuk atau piring kecil air perasan lemon tersebut. Kemudian dioleskan ke area wajah yang terdapat vlek-vlek hitam. Saat dioles bisa menggunakan kuas kecil untuk masker. Tunggu sekitar 10-20 menit. Kemudian bilas dengan air (bisa air hangat, bisa juga dengan air dingin) dan keringkan dengan handuk. Waktu yang tepat untuk pemakaiannya adalah pada  saat pagi dan malam hari. Yang penting dilakukan pada saat rileks. Untuk kuantitas pemakaiannya tergantung dari berat atau ringannya vlek hitam yang dialami. Jika vlek hitam sudah termasuk kategori berat, pemakaiannya satu kali sehari. Untuk kategori ringan, pemakaiannya bisa  dua kali seminggu. Sedangkan untuk kategori sangat ringan, pemakaiannya cukup satu kali seminggu. Khasiat pemakaiannya, bisa mulai dirasakan setelah satu bulan dari pemakaian. Memang lebih lambat kinerjanya namun lebih aman dibandingkan pemutih kimia. Namun, pemakaian air perasan lemon ini dapat menimbulkan iritasi dan reaksi alergi bagi yang sensitif. Jika berlebihan juga bisa menimbulkan kekeringan pada kulit.

Dr. Inggrid memberikan tips untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak terhadap buah ini. Pada saat pertama kali pemakaian, gunakan pada jumlah kecil dulu di area wajah yang terdapati vlek hitam. Setelah yakin tidak alergi, Anda bisa mengoleskan ke spot-spot vlek hitam lainnya. Tips lainnya adalah kurangi paparan sinar matahari, pakai sunblock/ sunscreen setelah pemakaian air perasan lemon pada kulit. Khasiat lain dari buah lemon adalah antibakteri (bisa sebagai anti jerawat), antiradang, mempercepat regenerasi sel kulit, mengurangi gatal pada kulit, dan mengilatkan rambut.   

No comments:

Post a Comment