Saturday, October 27, 2012

Kulit Cerah dan Lembab Dengan Air Kelapa


Rasanya yang segar dan gurih membuat air kelapa disukai dan menjadi minuman favorit. Tak hanya rasanya yang nikmat, air kelapa juga memiliki khasiat bagus untuk kulit yaitu mencerahkan dan melembabkan kulit. Benarkah?

Hampir setiap orang menyukai air kelapa. Saat cuaca panas, rasanya segar jika menyeruput air kelapa. Kelapa termasuk jenis tanaman palma yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan tingginya dapat mencapai 10-14 meter lebih.


Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3-4 meter lebih dengan sirip- sirip lidi yang menopang tiap helaian. Buahnya terbungkus dengan serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 2-10 buah kelapa setiap tangkainya. Tanaman kelapa banyak terdapat di daerah beriklim tropis.

Mencerahkan Kulit.
Air kelapa mengandung zat sitokinin yang dipercaya sebagai bahan antipenuaan dan anti kanker. Selain itu, air kelapa juga dapat mencerahkan kulit. Dijelaskan oleh Hartono Chong, herbalis Klinik Herbal Prima Usada,  dengan minum air kelapa, pembuluh darah tepi terbuka sehingga peredaran darah lancar. Jika peredaran darah lancar maka kulit pun menjadi cerah dan sehat.

Ditambahkan Meilinasari, M.Kes, ahli gizi dari jurusan Gizi Poltekkes, Jakarta II, Jakarta Selatan, air kelapa mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat yang dapat mencerahkan kulit. Mineral lain yang terdapat dalam air kelapa dalam jumlah cukup banyak yaitu kalsium, magnesium, dan klorida. Sedangkan mineral  yang terdapat dalam air kelapa dalam jumlah sangat sedikit adalah sodium (natrium). Karena itulah, air kelapa baik untuk orang penderita penyakit tekanan darah tinggi.

Air kelapa sebaiknya dimanfaatkan sebagai minuman isotonik. Pasalnya, susunan mineral yang ada di dalam air kelapa mendekati komposisi cairan elektrolit yang diperlukan tubuh. Diharapkan dengan minum air kelapa dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang karena keringat. Jika cairan elektrolitnya cukup maka kulit juga terlihat lebih bagus.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat air kelapa dengan diminum airnya secara langsung dari buahnya (secara segar). Air kelapa yang dicampur dengan susu, madu ataupun gula seperti es kelapa ataupun menjadi campuran dalam es campur, biasanya khasiatnya akan berkurang. Air kelapa bisa diminum kapan saja. Namun, sebaiknya tidak diminum pada malam hari karena kandungan gula dalam air kelapa tinggi. Jika diminum pada malam hari dan kemudian tidak ada aktivitas lagi (langsung tidur) bisa membuat tubuh gemuk.
Mengatasi Penyakit.

Air kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan. Ini lantaran air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang  dapat membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terdapat dalam air kelapa setara dengan asam lauric yang terdapat dalam ASI (air susu ibu), serta memiliki karakteristik antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes. Air kelapa juga mengandung zat tannin atau antidotum, yaitu antiracun yang mampu mengurai racun.

Selain itu, air kelapa dapat pula digunakan untuk mengobati demam berdarah dengue (DBD), penderita diberi minum air kelapa sebanyak 3-4 liter per hari. Setelah 1-5 hari minum air kelapa, maka penderita akan sembuh. Sedangkan untuk pencegahan, air kelapa sebaiknya diminum seminggu dua kali.  

No comments:

Post a Comment