Wednesday, October 31, 2012

Vitamin A, C, dan E dalam cologne Bisa Cegah Kulit Kering


Kandungan alkohol di dalam cologne bisa memicu efek samping kulit kering jika dioleskan pada kondisi kulit yang sedang kering. Untuk menyiasati efek samping ini, para produsen cologne menambahkan kandungan vitamin A, C dan E ke dalam produk cologne-nya. Ketiga vitamin ini bisa mencegah kulit kering akibat cologne. Seberapa efektifkah?

Meskipun mampu memberikan aroma keharuman yang segar, namun body cologne kerap dianggap sebagai pengharum tubuh yang bisa memberikan efek samping seperti kulit kering jika dioleskan ataupun disemprotkan saat kondisi kulit sedang kering. Tentu saja efek samping berupa kulit kering ini tidak akan muncul tanpa penyebab. Banyaknya kandungan alkohol di dalamnya diyakini sebagai biang keladi dari masalah kulit kering. 

Pasalnya, kulit yang dibentuk oleh jutaan sel kulit akan mengalami pengelupasan. Pengelupasan ini akan bertambah cepat terjadi pada mereka yang memiliki tipe kulit kering. Semakin cepatnya pengelupasan kulit ini otomatis kulit yang aslinya sudah kering akan bertambah kering lagi. Kondisi kulit kering seperti ini akan menghadirkan respons rasa gatal yang membuat kita ingin menggaruknya. Alhasil kulit pun akan terlihat semakin kering, berwarna kemerahan dan iritasi. 

Vitamin A, C dan E. Tentu saja menghilangkan campuran alkohol bukan merupakan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Pasalnya, pewangi cologne memang identik dengan campuran alkohol. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya penelitian yang dilakukan terkait dengan cologne, akhirnya diketahui jika efek samping kulit kering akibat penggunaan cologne ini bisa diatasi dengan mencampurkan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C dan E. 

Menurut dr. Aceng Hamudin dokter kecantikan, vitamin A, C dan E dapat menyeimbangkan efek samping kulit kering. Dengan kemampuan menyeimbangkan ini, otomatis  saat disemprotkan ke area kulit, cologne tersebut tidak akan membuat kulit Anda terlihat kering. Meskipun, untuk mencegah efek samping kulit kering cologne yang telah ditambahkan campuran vitamin A, C, dan vitamin E ini tetap tidak dianjurkan dioleskan saat kondisi kulit Anda masih kering. 

Tidak pada Kulit Sensitif. 
Mencampurkan beberapa vitamin saja ternyata tidak menjamin kulit Anda akan terhindar dari efek samping kulit kering. Untuk memastikan diri Anda bebas dari efek samping kulit kering, Anda disarankan untuk tidak menyemprotkan ataupun mengoleskan cologne ke area kulit tubuh yang sensitif seperti area kulit leher, ketiak serta lapisan mukosa kulit yang terbuka. 

Tindakan tersebut bisa menyebabkan terjadinya iritasi kulit seperti kulit kemerahan, gatal dan kering. Jika pun Anda nekat ingin menggunakannya dianjurkan untuk mengoleskan lotion , alias pelembab kulit terlebih dahulu. Meskipun tidak menjamin kulit Anda terhindar dari efek samping kulit kering, namun penggunaan lotion pelembab sedikit banyak bisa mengurangi efek kering yang dihasilkan oleh bahan alkohol yang terkandung di dalam cologne tersebut. Selain beberapa tips di atas, untuk memastikan kulit Anda terhindari dari efek samping kulit kering, Anda juga dianjurkan untuk memilih cologne dengan kandungan bahan alkohol yang rendah (kurang dari 10 persen). 

Selain itu, Anda pun dianjurkan untuk memilih cologne dengan wangi yang menyengat. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda juga dianjurkan untuk memilih cologne yang sudan mangan- dung bahan moisturizer (pelembab).

No comments:

Post a Comment