Wednesday, October 31, 2012

Berat Badan Turun Dengan Makan Bawang Putih


Berat badan tak kunjung turun meskipun Anda sudah melakukan berbagai cara mulai dari treatment modern hingga tradisional, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, bawang putih yang dikenal sebagai bumbu dapur khas Indonesia mampu membantu mempertahankan dan menurunkan berat badan. Seperti apakah? 


Bawang putih yang dikenal sebagai salah satu bumbu dapur bukan hanya bermanfaat sebagai penambah selera dan aroma yang menggiurkan saja. Ternyata kehadiran bumbu dapur yang bentuknya kecil dan berwarna putih ini dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan. Bahkan sebuah papyrus di Mesir 1500 SM ditemukan berisi 22 khasiat bawang putih (Allium sativum) untuk mengobati penyakit. Sedangkan di Romawi dan Yunani, umbi bawang digunakan sebagai obat lepra dan asma.

Selain itu khasiat bawang putih pun telah dibuktikan secara ilmiah oleh Divisi Kardiologi, California University dan Western Medical Center, Amerika Serikat. Mereka pernah menguji 40 pasien  hiperkolesterol berusia 40-75 tahun. Pada empat minggu sebelumnya seluruh pasien diberikan plasebo, tablet berisi serat biasa sebagai pembanding. Setelah itu mereka diberi asupan ekstrak bawang putih selama empat minggu dengan dosis suplemen yang biasa dikonsumsi pasien. Akhirnya hasil penelitian menunjukkan herbal berbahan bawang putih menurunkan 11 persen kolesterol, 10 persen LDL, 34 persen trigliserida. Tentunya hal ini sangat menarik apalagi di Lebanon kehadirannya dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Kandungan Alicin.
Banyaknya manfaat yang dihasilkan dari bawang putih ternyata karena kandungan alicin di dalamnya. Alicin dalam bawang putih sendiri dianggap efektif untuk memerangi kolesterol dan mengontrol nafsu makan  sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Menurut Ace, herbalis dan ahli bekam dari Bogor, zat yang bermanfaat dalam bawang putih itu akan keluar jika bawang putih dihancurkan dengan cara dihaluskan atau dicacah.

Selain itu bawang putih yang sudah dihaluskan harus segera digunakan karena zat alicin di dalamnya akan efektif dalam waktu singkat. Jika dibiarkan lewat beberapa jam Setelah dihaluskan, kandungannya akan menguap dan hilang. Manfaat zatnya untuk mengontrol nafsu makan dapat segera dirasakan jika dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Untuk itu, bagi Anda yang tertarik mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan berat badan, Anda bisa langsung mengambil beberapa butir bawang putih, dicuci, dicacah atau dihaluskan saat itu juga dengan langsung dikunyah di dalam mulut. Anda bisa mengunyah dan mengonsumsi 1-2 siung bawang putih ini satu jam setiap hari sebelum makan untuk membiarkan zatnya bekerja dengan baik di dalam tubuh.

Tak dipungkiri bawang putih mentah dapat menyebabkan aroma tidak sedap di dalam mulut. Oleh karena itu dianjurkan setelah mengonsumsi bawang putih Anda dapat langsung menggosok gigi atau menghirup segelas teh yang berfungsi menghilangkan rasa pedas dan tidak nyaman di lidah. Jika Anda tidak sanggup mengonsumsi secara mentah,  Anda bisa menumisnya setengah matang lalu diolah ke dalam sayuran hijau seperti bayam. Setelah matang dan didinginkan sebentar sebaiknya langsung disantap agar zat allicinya tidak cepat menguap.

Bila Anda rajin mengonsumsi bawang putih setiap hari, ditambah dengan konsumsi makanan sehat dengan porsi seimbang setiap harinya, tak dipungkiri berat badan Anda akan turun secara perlahan kurang lebih 1-2 kg dalam sebulan. Tentunya ditambah dengan aktivitas fisik yang teratur seperti berjalan kaki kurang lebih 30 menit setiap harinya, lari pagi atau sore kurang lebih 30-45 menit selama tiga kali seminggu, Namun, bagi Anda yang ingin melakukan diet bawang putih ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis gizi untuk mendapatkan hasil yang efektif. (IK)  

No comments:

Post a Comment