Monday, October 15, 2012

Tetap Sehat Walau Ber-Fast Food Ria

Suka beli fast food lewat drive-thru? Praktis memang, apalagi untuk Anda yang selalu diburu waktu. Fast food adalah pilihan ideal karena cepat tersaji dan harganya cenderung murah. Sehatkah hanya makan fast food setiap hari? Jelas tidak. Karena itu, ada cara untuk mengakali agar Anda tetap sehat, menyantap makanan bermutu, walau harus terburu-buru dan terus mengunjungi restoran fast food.

  1.  PERHATIKAN PORSI. Apa pun yang disantap, akan mengandung lebih sedikit kalori jika Anda memesan dalam porsi kecil. Rasanya sama saja antara porsi besar dan kecil. Contohnya, makanan paling beken di restoran fast food adalah kentang goreng. Dengan menyantap porsi kecil, Anda mengurangi asupan hingga 100 kalori.
  2. GAYA DELI. Bukan deli di Sumatra Utara, melainkan restoran fasf food yang menyajikan makanan roti, seperti sandwich. Pilih roti Whole wheat. Kalori dan lemaknya lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang digoreng. 
  3. PILIH MENU SEHAT.  Banyak restoran fast food yang sekarang menyajikan makanan sehat, misalnya salad.  
  4. TAMBAH SAYURAN. Jangan lupa untuk menambah sayuran dalam tiap menu. Jika berada di restoran fast food, salad adalah pilihan tepat. Salad mengandung beberapa jenis serat dan vitamin yang akan mengimbangi menu tak sehat pillhan utama Anda.  
  5. DIPANGGANG PALING BAGUS.  Ingat, daging ayam tidak selamanya sehat. Banyak restoran fast food yang menyajikan ayam goreng. Jika memungkinkan, pilih ayam yang dipanggang atau di-grilled. 
  6. NGEMIL SEBELUM BERANGKAT KERJA.  Jadikan sebagai kebiasaan: menyantap sepotong buah, semangkuk sereal, atau roti whole wheat sebelum berangkat kerja. Dengan demikian, Anda akan merasa kenyang dan godaan untuk mampir ke drive-thru pun berkurang. 
  7. STOK MAKANAN. Di mobil, sediakan air dalam botol dan camilan sehat. Makan sedikit sebelum keinginan untuk jajan timbul. Jadi, Anda bisa mengurangi asupan makanan cepat saji.  
  8. PERGI KE SUPERMARKET. Supermarket modern menyediakan berbagai jenis menu yang telah diracik. Anda bisa membeli dan mengolahnya lagi jika perlu. Biasanya mereka juga menyediakan makanan jadi yang masuk kategori sehat. Bisa dijadikan pilihan, ketimbang terus-menerus menyambangi restoran fast food.  
  9. PILIH AIR PUTIH.  Anda berada di restoran fast food dan masih memilih soft drink? Itu pilihan yang tidak tepat. Sebab, soft drink dan minuman manis lainnya mengandung gula tambahan. Sebaiknya Anda memilih air putih. Meminum air putih sebelum makan akan membuat Anda kenyang. Porsi makanan pun bakal berkurang. 
Sumber: Tabloid Gaya Hidup Sehat

No comments:

Post a Comment