Saturday, October 27, 2012

Intense Pulse Light Efektif Hilangkan Bulu-bulu Halus

Memiliki kulit indah, halus, dan bersih merupakan dambaan hampir semua wanita. Bulu-bulu halus yang tumbuh berlebihan di wajah, tangan, dan kaki sering kali mengganggu keindahan tampilan seseorang. Lantas, adakah cara efektif untuk mengangkat dan menghilangkan bulu halus? Bagaimana caranya?



Bagi beberapa wanita, bulu halus atau rambut-rambut kecil yang ada di beberapa bagian tubuh bisa mengganggu penampilan. Namun, jangan berpikir dengan cara mencukur atau mencabut habis, masalah bulu halus akan selesai. Sering kali bulu yang kemudian muncul akan tumbuh lebih kasar dan lebat. Selain itu, risiko terkena iritasi kulit menjadi lebih besar.

Intense Pulse Light.
Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengangkat bulu-bulu halus yang tak diinginkan adalah dengan teknik intens pulse light atau IPL. Menurut dr Endi Novianto, SpKK, pengajar di Departemen Ilmu Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran UI, mengatakan intense pulse light merupakan teknologi yang menggunakan cahaya dengan panjang gelombang 500 hingga 1.200 nm dan kekuatan tertentu untuk memberikan efek terapi yang diinginkan pada kulit dan komponen di dalamnya. Namun IPL bukan tergolong laser karena IPL tidak memenuhi syarat laser yang terdiri atas monokromatik, koheren, dan kolimasi. Beberapa kegunaan IPL adalah untuk menghilangkan bulu- bulu halus di tempat yang tidak diinginkan, pembuluh darah yang melebar dengan tidak semestinya, peremajaan kulit, dan menghilangkan vlek.

dr. Endi menambahkan bahwa alat intense pulse light akan memancarkan energi cahaya dengan kekuatan tertentu yang akan ditangkap oleh kromofor tertentu. Pada kasus hair removal, kromofor targetnya adalah melanin. Melanin ini terdapat di batang dan akar rambut. Kemudian melanin akan menyerap cahaya tersebut dan mengubahnya menjadi panas sehingga menimbulkan kerusakan di struktur tersebut.

Proses.
Sama seperti treatment lainnya, dalam pemakaian IPL sebagai hair removal juga perlu melewati beberapa proses. Dijelaskan dokter Endi yang juga praktik di Rumah Sakit Medistra, hal pertama yang dilakukan adalah mencukur bulu-bulu halus yang ingin dihilangkan. Kemudian baru dilakukan penyinaran dengan IPL. Dalam semua prosesnya, mata harus ditutup dengan penutup mata agar terhindar dari sinar yang terlalu terang.

Folikel rambut yang berada dalam fase anagen akan menyerap lebih banyak cahaya dan mengubahnya menjadi panas lalu menimbulkan lisis atau kerusakan pada sel-se! folikel rambut dan pembuluh darah yang memberikan nutrisi pada rambut. Sehingga rambut akan rontok dan berkurang jumlahnya. Folikel rambut yang berada dalam fase katagen dan telogen tidak banyak menyerap cahaya yang diberikan sehingga tidak terlalu memberikan efek. Karena itu proses ini harus diulang beberapa kali sampai seluruh rambut yang tersisa masuk dalam fase anagen. Folikel yang sudah rusak masih dapat beregenerasi untuk  menumbuhkan bulu-bulu halus yang baru namun strukturnya lebih tipis dan halus serta waktu tumbuhnya menjadi lebih lama. Sehingga akan memberikan efek jangka panjang seakan- akan penghilangan rambutnya terjadi secara permanen.

Dalam tindakan IPL tidak ada kontra indikasi, hanya saja bagi seseorang yang memiliki kulit sangat gelap tidak disarankan melakukan treatment ini. Jika ingin melakukan terapi IPL maka lakukanlah dengan persiapan yang baik,,yaitu dengan menghindari cahaya matahari, jika keluar rumah menggunakan sunscreen, dan jangan melakukan waxing. Ditambahkan dr. Fauziah S. Lanjono, SpKK, sebaiknya tidak terlalu sering melakukan perawatan dengan menggunakan Sinar laser dengan seringnya melakukan penyinaran akan memperbesar pori-pori kulit.   

No comments:

Post a Comment