Saturday, October 6, 2012

5 Tanda Minor Kanker Payudara


Lima tanda berikut memang tidak sejelas yang namanya benjolan di payudara, sebagai tanda utama kanker payudara. Lagipula, bukannya tidak ada, tanda-tanda minor tersebut sering diabaikan, dianggap sebagai bukan tanda untuk kanker payudara.  Benjolan diyakini sebagai tanda kanker payudara. Padahal, menurut Andrew Putnam, direktur Palliative Care Program di Lombardi Comprehensive Cancer Center dan Universitas Georgetown, kadang benjolan itu tenggelam dl dalam jaringan lemak, sehingga sulit untuk diraba. Karena itu, perempuan juga harus tahu tanda-tanda lain yang menunjukkan adanya kanker di payudara. Jika telah mengetahui semua tanda-tanda minor, Anda dapat segera melakukan pemeriksaan. Semakin dini diketahui, hasil pengobatan semakin maksimal.

1.       Payudara terasa gatal, sakit, atau kemerahan.
Kulit yang terasa panas ketika disentuh dan perih adalah salah satu tanda peradangan kanker payudara. Peradangan menyebabkan payudara membengkak dan iritasi. Kulit berwarna kemerahan dan tampak seperti memar. Kulit bersisik atau seperti kulit jeruk adalah tanda dalam beberapa kasus peradangan kanker payudara.
”Tiba-tiba saya seperti memiliki selulit di payudara demikian deskripsi salah satu pasien, ketika tekstur kulitnya tiba-tiba berubah. Pada peradangan kanker payudara, yang merupakan tiga persen dari semua kasus kanker,payudara,sel kanker yang bertumbuh dengan cepat akan menghambat pembuluh, darah yang memberi makan kulit. Kadang, warna kemerahan, gatal, dan kulit yang terasa panas sering dianggap sebagai infeksi pada kelenjar susu di sekitar puting           
2.       Sakit punggung bagian atas
Walau tidak biasa, ahli tulang punggung memeriksa "kehadiran" tumor di punggung. Beberapa perempuan mengalami Sakit punggung sebelum tanda lain kanker payudara muncul, Rasa sakit biasanya terjadi di antara bahu belakang, sering dianggap sebagai otot pegal, atau otot tertarik, atau osteoartritis pada tulang punggung.
3.       Perubahan pada puting
Menurut situs Healthy Living MSN, salah satu lokasi paling umum munculnya kanker pada payudara adalah di bawah puting, yang menyebabkan perubahan bentuk dan penampilan puting. Perubahan pada puting juga menjadi tanda utama kanker payudara pada pria. Puting tampak rata. Pada perempuan, ketika puting disentuh, tidak lagi terlalu sensitif ketika sedang berhubungan intim Perubahan lain adalah keluarnya cairan. Entah cairan itu seperti air atau seperti darah. Kadang mirip susu, walau Anda tidak sedang menyusui. Kulit puting menjadi kasar, bersisik, atau panas ketika disentuh.
4.       Perubahan ukuran atau bentuk salah satu payudara
Berlawanan dengan kepercayaan popular, tidak semua tumor payudara menyebabkan benjolan yang dengan mudah diraba. Bisa saja bentuk salah sisi payudara berubah, misalnya menjadi lebih lonjong dibandingkan dengan sisi yang lain. Cara terbaik untuk memeriksa bentuk payudara adalah duduk di depan cermin dan mempelajari bentuk dan ukurannya. Angkat kedua lengan, kemudian cermati payudara dari samping, periksa juga dari masing-masing sisi. Apakah payudara berbentuk sama, atau adakah perbedaan ukuran dan bentuk? Kadang, perubahan bentuk dan ukuran payudara bisa dirasakan saat mengenakan bra. Jika memang ada perubahan pada salah satu payudara, biasanya bra akan terasa lebih sempit di sisi tertentu.
5.       Rasa sakit atau bengkak di ketiak
Ketika Anda sedang flu, biasanya nodus llmfatik di leher dan tenggorokan akan membengkak. Itu juga terjadi di ketiak, sebab ke sanalah sel kanker payudara menyebar terlebih dahulu. Nodus limfatik yang terpengaruh akan bengkak atau terasa lembek ketika disentuh atau timbul benjolan. Semuanya terjadi sebelum benjolan di payudara membesar. Jika terasa ada yang sakit di ketiak, rabalah dengan hati-hati menggunakan jari. Benjolan akan terasa keras dan tidak bergerak ketika disentuh  Atau juga benjolan akan menebal dan padat, dibandingkan dengan bagian lain ketiak.

No comments:

Post a Comment