Wednesday, October 31, 2012

Hilangkan Vlek Hitam Tidak Cukup Sekali Treatment


Mengatasi vlek hitam tidak bisa langsung sekali treatment karena untuk ”menembak” langsung ke pabrik sel pigmennya itu membutuhkan waktu. Menurut dr. Sri Linuwih, untuk mengatasi vlek hitam tergantung dari penyebabnya. Jika penyebab viek hitamnya akibat bekas jerawat atau bekas luka yang tipis prosesnya bisa lebih cepat. Tetapi jika timbulnya vlek karena pengaruh hormon KB ataupun saat hamil maka akan lebih susah karena sifatnya yang luas.
Biasanya dalam proses penyembuhan ada fase di mana prosesnya akan mengalami hiperpigmentasi dulu,  baru kemudian kembali ke bentuk semula, yang disebut dengan proses remodelling atau penyembuhan luka. Proses ini biasanya berlangsung selama tiga bulan.


Dengan memperbaiki asupan nutrisi biasanya proses regenerasi kulit yang baru akan lebih bagus, namun pada beberapa orang proses penyembuhan atau perbaikannya lambat. Untuk proses yang lambat maka diperlukan suatu bahan kimia tertentu untuk mengurangi jumlah pigmen sehingga kulit tidak pekat. Biasanya hal tersebut dilakukan Setelah mengalami proses remodelling seiama 3-6 bulan.

Ditambahkan oleh dr. Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, treatment yang dilakukan untuk mengatasi vlek hitam seperti chemical peeling, mikrodermabrasi, mesoterapi ataupun laser tergantung pada kedalaman. hiperpigmentasinya. Umumnya treatment-treatment tersebut cukup efektif mengatasi vlek hitam yang memiiiki kedalaman dangkal (superfisial). Namun jika vlek hitamnya dalam hingga lapisan dermis maka akan lebih sulit diatasi dan membutuhkan Kombinasi terapi, serta membutuhkan waktu lama untuk mengatasinya.

Yang paling dikhawatirkan banyak orang adalah setelah tidak melakukan treatment maka vlek hitam akan kembali muncul. Dan memang bilang berhenti melakukan treatment ataupun obat-tertentu untuk mengatasi vlek hitam, maka risiko timbulnya vlek hitam masih bisa terjadi. Terutama jika aktivitas hariannya banyak di bawah paparan sinar matahari serta kurang penggunaan tabir surya.

Perlu diingat treatment yang digunakan untuk viek hitam adalah dengan mengurangi produksi pigmen, bukan membunuh sel penghasil pigmen atau sitotoksik. Karena itu, bila sel-sel penghasil pigmen atau melanosit hilang, maka yang terjadi sebaliknya yaitu warna kulit menjadi putih seperti kapur yang tentunya tidak diinginkan. Bila hambatan produksi pigmen dihentikan maka sel tersebut secara perlahan-lahan akan memproduksi pigmen lagi.

Dengan demikian, kembalinya pigmen bukan dianggap sebagai ketergantungan tetapi sebagai konsekuensi lepas tanpa perawatan. Karena itu kulit selalu dijaga dengan penggunaan sunblook spectrum lebar untuk melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet A dan B. Di samping itu pada malam hari sebaiknya rutin menggunakan krim malam pencerah serta teratur melakukan treatment seperti chemical peeling, mesoterapi, mikrodermabrasi atau laser serta kombinasi dengan vitamin pencerah wajah yaitu vitamin C.

Di samping dengan tabir surya, krim dan treatment menghilangkan vlek hitam, sebaiknya asupan makanan juga diperhatikan. Menurut Yusuf Wijaya, terlalu sering makan makanan asin bisa menyebabkan kulit kusam dan tidak cerah. Nah, untuk mencegah timbulnya vlek hitam dianjurkan sering makan ikan salmon, mengonsumsi sayur-sayuran berwarna hijau, minum sari buah atau jus di pagi hari, serta minum air putih segelas saat pagi. Di samping itu, dianjurkan juga makan makanan mentah seperti wortel dan mentimun sehari satu buah. (IK)

No comments:

Post a Comment