Thursday, December 13, 2012

Tips Memilih Sampo Yang Sesuai Jenis Rambut


Berbagai jenis dan merek sampo banyak yang beredar di pasaran. Namun, jangan salah pilih karena pemakaian sampo yang tidak tepat justru membuat rambut menjadi rusak dan kehilangan keindahannya . Lantas harus  bagaimana?   


Rambut yang sehat dan indah pasti didambakan seluruh wanita karena sangat mendukung penampilan. Namun, rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah rusak. Salah satu cara untuk mencegah kerusakan rambut adalah menjaga kebersihannya dengan keramas menggunakan sampo. Pemilihan sampo yang tepat sesuai kebutuhan rambut dapat membuat rambut sehat dan indah.

Kenali Jenis Rambut. Sebelum keramas menggunakan sampo, hal penting yang dilakukan adalah mengenali jenis rambut Anda agar tidak salah memilih sampo yang sesuai kebutuhan rambut. Beberapa jenis rambut adalah rambut normal, kering dan berminyak yang penggunaan samponya berbeda-beda. Lantas bagaimana memilih sampo yang tepat? Berikut beberapa tips Ade Lingga, hair stylist kenamaan langganan artis dan sosialita, dalam memilih sampo yang sesuai kebutuhan rambut:

1. Rambut Kering. Ciri-ciri rambut kering: terasa kasar, kusam, susah diatur, rapuh mudah rontok dan patah. Rambut kering dapat disebabkan oleh penggunaan bahan kimia pada rambut Seperti mewarnai (coloring) atau meluruskan rambut (rebonding/ smoothing). Selain itu, terlalu sering keramas juga dapat menyebabkan rambut kering. Sampo yang tepat untuk jenis rambut kering adalah sampo yang banyak mengandung pelembab. Bahan-bahan yang ada di dalam sampo untuk rambut kering bermanfaat untuk melembabkan rambut seperti susu, yoghurt, madu, minyak almond, chamomile dan minyak zaitun. Sebaiknya keramas 2-3 hari sekali, dan setelah keramas gunakan conditioner untuk memperbaiki kutikula rambut yang berantakan Karena keramas. Penggunaan conditioner sebaiknya hanya pada batang rambut.

2. Rambut Berminyak. Ciri-ciri rambut berminyak: terasa lepek, tidak mengembang, kotor dan mudah berketombe. Sampo yang tepat untuk rambut berminyak bersifat ringan yang biasanya lebih banyak mengandung air serta buah-buahan seperti ekstrak lemon yang menyegarkan kulit kepala. Sebaiknya hindari sampo sekaligus conditioner atau sampo 2 in 1 karena mengandung banyak minyak yang dapat menyebabkan ketombe. Lakukan keramas dua hari sekali, jangan pijat kepala terlalu keras karena dapat merangsang kulit kepala memproduksi minyak lebih banyak. Tidak disarankan pemakaian conditioner untuk rambut berminyak, Karena akan membuat rambut lepek dan mudah berketombe. Kalaupun memakai conditioner sebaiknya jangan terlalu sering. 

3. Rambut Normal. Ciri-ciri rambut normal: mengkilap, lembut, kuat dan mudah diatur. Dengan kata lain rambut normal adalah rambut yang sehat. Sebaiknya menggunakan sampo jenis daily therapy yang membuat rambut menjadi lembut dan indah. Pilih sampo yang memiliki kandungan air lebih banyak untuk keramas dan penggunaan conditioner bisa dilakukan 3-4 hari sekali.

Kombinasi dengan Perawatan Lain. Selain memilih sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah adalah melakukan perawatan rambut secara rutin. Perawatan rambut yang dapat dilakukan di rumah adalah menggunakan hair tonic dan vitamin rambut setelah keramas. Sama halnya dengan sampo, hair tonic dan vitamin rambut juga berbeda-beda untuk jenis rambut sehingga pemilihan hair tonic dan vitamin rambut harus disesuaikan dengan jenis rambut.

Selain itu, sebaiknya juga melakukan perawatan di salon Seperti hair mask dan hair spa. Creambath tidak disarankan, karena saat creambath biasanya dilakukan dengan memijat kepala dengan keras. Pemijatan kepala yang terlalu keras ini dapat merangsang minyak di kulit kepala keluar lebih banyak. Dengan pemilihan sampo dan perawatan rambut lainnya dengan tepat maka dapat membuat rambut sehat dan indah. 

No comments:

Post a Comment