Thursday, December 13, 2012

Jerawat Hilang Berkat Bawang Putih


Banyak orang yang  bermasalah dengan jerawat di wajahnya. Jerawat dengan jumlah yang banyak dan kemerahan membuat seseorang tidak percaya diri. Tak hanya dengan obat dan suntik, jerawat juga bisa diatasi dengan bawang putih. Seperti apa? 


Jerawat yang membandel ternyata bisa hilang dengan bawang putih. Bumbu masakan ini mengandung antibakteri yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, termasuk peradangan akibat jerawat. Bawang putih juga mengandung komponen zat organosulfur atau alliqin yaitu zat yang memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit, Serta mampu membantu menghilangkan stretch mark (guratan kulit memanjang karena kulit meregang akibat perubahan tubuh dari kurus ke gemuk). Minyak atsiri yang terkandung di dalam bawang putih berkhasiat untuk menjauhkan bakteri yang mengganggu kesehatan.

Bawang putih juga mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh, serta mengandung Vitamin A, B, C, potasium dan kalsium. Vitamin A dapat melembabkan kulit yang kering dan keriput, serta mengatasi masalah jerawat. Bawang putih juga mengandung karoten dan selenium yang merupakan antioksidan penangkal radikal bebas di dalam tubuh. Selenium merupakan mikro mineral yang bekerja sebagai antikerusakan dan antioksidan dari sel-sel tubuh akibat zat-zat racun yang merusak sel-sel tubuh yang normal. Bawang putih juga bermanfaat sebagai penawar racun yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit.
 
Selain dapat mengatasi jerawat, bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan seperti pendongkrak stamina seks, menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik dan meredakan insomnia. Bawang putih juga dapat memerangi penyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner, diabetes, ketidakseimbangan kolesterol dan kanker. Dari sekian banyak manfaat bawang putih, para ahli telah menemukan manfaat baru bawang putih yaitu dapat mencegah berat badan dan bahkan menurunkan berat badan.

Dimakan Mentah. Menurut Herbalis lndriana Kumala Dewi, untuk mengatasi jerawat bawang putih dimakan secara mentah 1-2 siung setiap hari. Bila tidak suka dengan aromanya yang getir maka bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti sayur-sayuran untuk menyamarkan rasa dan aroma asli dari bawang putih. Saat mengolah sayur, perbanyak cita rasa bawang putihnya.

Selain dimakan langsung, menurut Hesti Widya Ningrum, herbalis sekaligus pemilik klinik herbal, untuk mengatasi jerawat bawang putih juga bisa dibuat masker. Caranya 1-2 siung bawang putih dihaluskan, kemudian dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat, lalu didiamkan selama semalaman. Saat pemakaian akan timbul efek panas pada wajah yang berjerawat, namun efek tersebut justru merupakan proses zat antiperadangan pada bawang putih sedang bekerja dengan baik.

Cara lain yang bisa digunakan adalah bawang putih dicampurkan pada masker yang biasa Anda gunakan, lalu ditempelkan pada wajah yang berjerawat. Masker ini sebaiknya digunakan seminggu sekali. Gunakan tumbukan bawang putih sebagai scrub di wajah hal ini juga berkhasiat untuk menghilangkan komedo yang membandel. Usapkan pada wajah sambil sedikit dipijat dengan gerakan yang memutar.

Efek samping. Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tapi perlu diketahui jika mengonsumsi atau menggunakan bawang putih secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan kulit. Karena bawang putih yang memiliki sifat antibakteri dan peradangan tersebut dapat mengikis kekebalan kulit. Antibiotik yang berlebihan juga berpengaruh kurang baik untuk kesehatan tubuh dan juga mengakibatkan pernafasan menjadi tidak sedap.

No comments:

Post a Comment