Thursday, December 6, 2012

Makanan dan Vitamin Yang Penting Untuk Kesehatan Mata


Mata memainkan peran yang sangat penting. Coba bayangkan bila Anda kesulitan melihat? Untuk menjaganya, indera penglihatan Anda perlu diberikan ‘bahan bakar’ untuk tetap bekerja dengan baik.

Khusus untuk si buah hati. Anda perlu memperhatikan agar indra penglihatannya bisa berfungsi dengan baik.


Mata merupakan organ tubuh yang paling vital, karenanya perlu mendapat perhatian yang utama. Fungsi mata dapat menurun oleh berbagai sebab seperti pengaruh radikal bebas, radiasi, dan juga karena faktor usia. Khusus anak- anak kita yang berjam-jam bermain games di komputer menonton televisi, atau pun membaca terlalu lama, juga merupakan kebiasaan yang dapat menyebabkan kelelahan pada mata.

Menurut dr. IB. Gde Wirastana, SpM, dokter mata dari Jakarta Timur Eye Center di Rumah Sakit Harapan Bunda Jakarta, setiap struktur pada mata dapat mengalami kerusakan. Mulai dari kelopak mata, bulu mata, pupil, iris, kornea, lensa, retina, saraf opticus, hingga pusat pengolahan data di otak pun dapat mengalami kerusakan. Kerusakan-kerusakan tersebut dapat berupa kerusakan ringan hingga berat, misalnya kebutaan.

Mata lelah serta gangguan lain pada fungsi mata, jika dibiarkan dapat mengurangi daya penglihatan. Karena itu, kita harus memelihara kesehatan mata terutama untuk anak-anak kita. Memelihara kesehatan mata sesungguhnya sangat mudah, jika kita terbiasa hidup dengan teratur, istirahat yang cukup, istirahat yang cukup, olahraga ringan serta adanya keseimbangan konsumsi makanan aman yang mengandung vitamin untuk kesehatan mata.

Tak hanya wortel, mulailah dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan nutrisi. Beberapa di antaranya:
  1. Telur.Kaya akan Vitamin A membantu fungsi retina dan mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Meskipun sering dianggap memperburuk kolesterol, telur membantu menurunkan angka minus di kacamata Anda. Telur mengandung Vitamin C yang tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko katarak dan penyakit mata lainnya.
  2. Kacang Almond. Vitamin E dalam kacang almond membantu menunda penurunan fungsi indera penglihatan seiring penambahan usia.
  3. Brokoli.Sayuran hijau ternyata turut menyehatkan mata. Lutein yang banyak terkandung dalam brokoli dapat melindungi mata dari risiko degenerasi makula dan mencegah katarak.
  4. Ikan Salmon. Kandungan asam lemak Omega 3 dalam salmon yang tinggi sangat bagus untuk menyehatkan mata. Lemak sehat ini memainkan peranan penting bagi kesehatan retina dan menurunkan risiko degenerasi makula.
  5. Bayam.Bayam mengandung zeaxanthin yang melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan mencegah terjadinya katarak.
  6. Yoghurt.Yoghurt memiliki kandungan seng yang tinggi. Seng dikenal dapat melindungi mata dari efek berbahaya sinar matahari. Karena terbuat dari susu, yoghurt juga mengandung Vitamin D yang merupakan anti-infiamasi yang melindungi ketajaman penglihatan.

Selain aneka makanan di atas, dianjurkan mengonsumsi vitamin-vitamin yang berfungsi penting untuk kesehatan mata, yaitu:
·    Sebagai antioksidan, melindungi mata terhadap kerusakan akibat radikal bebas
·    Menjamin tercukupinya nutrisi dan suplai darah ke mata.
·    Meningkatkan fungsi visual untuk menghasilkan ketajaman penglihatan yang lebih baik. Terutama di malam hari. Dapat membantu penyembuhan katarak, glaucoma dan mata minus (myopia) 

No comments:

Post a Comment