Tuesday, December 25, 2012

Kulit Wajah Cerah Berkat Masker Susu Murni


Memiliki kulit wajah cerah, tak harus dengan treatment yang mahal. Perawatan berbahan alami di rumah seperti masker susu murni dan kuning telur juga bisa membuat kulit wajah Anda cerah. Bagaimana caranya?


Wajah yang kusam dan tidak bercahaya tentu menjadi musuh besar bagi wanita. Secantik apapun wajah Anda tapi jika memiliki kulit kusam akan terlihat kurang menarik. Mengembalikan cahaya kulit menjadi cerah tentu Anda harus melakukan perawatan. Tak harus mahal, bahan-bahan alami yang ada di dapur seperti susu murni dan kuning telur bisa Anda manfaatkan sebagai masker yang berguna untuk mencerahkan dan menyegarkan kulit.

Menurut Etty Bachetta C, SH, susu tak hanya lezat diminum tetapi juga menyehatkan tubuh, serta mempercantik kulit karena mengandung lemak yang dapat melembabkan kulit wajah. Susu mengandung vitamin A dan D yang dapat membuat kulit menjadi lembut. 'Kandungan lain dari susu adalah asam beta hidroksi yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengganti dengan sel-sel kulit baru sehingga kulit wajah terlihat cerah.

Sementara kuning telur banyak mengandung protein yang mampu mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori- pori, menghilangkan vlek hitam di wajah akibat sinar matahari, menghilangkan noda bekas jerawat dan mengatasi wajah yang berminyak.

Masker Susu. Untuk mencerahkan kulit wajah, susu murni dan kuning telur dapat dijadikan masker wajah. Susu dapat menutrisi kulit dan melembutkan kulit karena mengandung vitamin D. Caranya, seperempat gelas susu murni ditambahkan kuning telur dan perasan air jeruk nipis. Campuran tersebut kemudian diaduk hingga merata hingga adonan masker menyatu. Setelah wajah dibersihkan, masker dioleskan ke wajah selama 15 menit, baru kemudian dicuci hingga bersih.

Jika kulit Anda berminyak, wajah sebaiknya diusap lembut dengan handuk yang telah dibasahi susu skim yang mengandung sedikit lemak sehingga tidak membuat kulit semakin berminyak. Sedangkan jika kulit Anda kering, sebaiknya menggunakan susu full cream atau susu sapi segar. Kemudian didiamkan selama beberapa menit agar nutrisi dari susu terserap pada wajah, lalu dibilas dengan air dingin. Hasilnya kulit akan terlihat lebih lembut dan cerah. Dan sebaiknya cara ini dilakukan secara rutin seminggu sekali.

Bisa juga susu dicampur minyak almond. Caranya, sdt minyak almond dicampur dengan 1 sdm susu, kemu- dian diaduk hingga merata. Campuran minyak almond dan susu kemudian dioleskan pada seluruh wajah sembari di massage ringan, kemudian didiamkan selama beberapa menit hingga masker mengering.

Kemudian masker dioleskan kembali hingga tiga lapisan. Tetapi sebelum mengoleskan lapisan berikutnya, lapisan masker sebelumnya harus benar-benar kering. Selanjutnya masker didiamkan pada   wajah selama 30 menit, baru kemudian wajah dibersihkan menggunakan handuk basah. Agar mendapatkan hasil yang bagus, masker ini bisa dilakukan seminggu sekali.

Susu juga dapat mengatasi masalah kantung mata dan lingkaran gelap di   bawah mata yang membuat wajah terlihat kusam. Untuk mencerahkan kulit di bagian bawah mata, caranya dengan kompres susu. Kapas dicelupkan ke dalam susu cair dingin, kemudian diperas dan ditempelkan pada kedua mata yang terpejam selama 20 menit. Sesudah itu dibersihkan dengan handuk hangat.

Kulit Kering. Tak hanya mencerahkan kulit wajah, susu juga bisa digunakan   untuk mengatasi kulit kering   dan terkelupas karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari (sunburn). Untuk meredakan efek dari sunburn ini, handuk yang telah direndam susu dingin ditempelkan pada bagian kulit yang terbakar. Saat ditempelkan, handuk sedikit ditekan selama beberapa menit agar kandungan protein dalam susu dapat membentuk lapisan pelindung untuk menjaga kelembaban kulit.

Jika kulit Anda terlalu kering susu juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mandi di dalam bathtub. Bathtub yang berisi air hangat dicampurkan dengan setengah cangkir susu bubuk, lalu Anda berendam selama 30 menit di dalamnya. Setelah berendam, jangan langsung dibilas tetapi didiamkan selama beberapa menit hingga tubuh mengering, lalu bersihkan dengan air. Dengan rutin berendam maka kulit Anda akan lebih halus dan lembab. 

Perawatan Kulit Harian. Meski pemakaian susu murni dapat membuat kulit menjadi cerah dan lembab, sebaiknya Anda tetap merawat kulit dengan perawatan kulit harian agar tidak kusam. Dijelaskan oleh dr. Windy Keumala Budianti, SpKK, dokter spesialis kulit dan Kelamin, kulit kusam disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati yang ditambah dengan paparan sinar matahari secara langsung pada wajah.

Terpapar sinar matahari terlalu lama bisa menyebabkan hiperpigmentasi, yaitu kondisi penggelapan warna kulit akibat peningkatan melatonin. Selain itu, sering terpapar polusi, pemakaian make up yang tebal, terlalu banyak menggunakan bahan kimia dapat mengakibatkan pengelupasan tidak merata pada wajah serta menimbulkan warna kulit yang tidak sama sehingga kulit terlihat kusam.

Untuk mencegah kulit kusam, perawatan wajah dimulai dari membersihkan wajah minimal tiga kali sehari bagi kulit berminyak, dengan sabun sesuai jenis kulit. Sebaiknya hindari pemakaian sabun yang mengandung whitening karena pengangkatan kulit mati terlalu agresif sehingga kulit menjadi kering. Hindari juga pemakaian sabun yang mengandung anti-septik karena bisa menyebabkan iritasi kulit dan wajah menjadi merah.

Proses penyembuhan dari iritasi ditandai dengan warna wajah merah yang kemudian menjadi gelap atau kusam. Karena itu, sebaiknya gunakan sabun yang mengandung pelembab agar kelembaban wajah tetap terjaga.

Selain itu, biasakan memakai tabir surya (sun block) SPF 15-30 terutama jika tinggal di daerah tropis. Pada malam nari gunakan krim malam yang bersifat mencerahkan, dan melakukan treatment peelling untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan juga facial oksigen secara instan sehingga hasilnya bisa langsung terlihat. Cara kerja facial oksigen adalah mentranster oksigen ke kulit wajah sehingga tampak lebih cerah. Sebaiknya dilakukan rutin sebulan dua kali. Jika perawatan-perawatan kulit tidak dilakukan rutin akan menyebabkan kulit kembali gelap dan kusam. (IK)

No comments:

Post a Comment