Wednesday, December 12, 2012

Getah Pepaya Ampuh Atasi Tumit Pecah-pecah dan Kasar


Anda mengalami masalah dengan tumit kaki yang pecah-pecah? Jika Anda sudah mencoba berbagai krim untuk menghaluskan tumit yang kasar dan pecah- pecah tapi belum memberikan hasil yang memuaskan, cobalah   menggunakan getah pepaya. Seperti apa khasiatnya? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tumit yang halus?


Tidak hanya masalah jerawat atau ketombe yang sering dialami kaum wanita, tapi tumit kering, pecah-pecah, dan kasar menjadi hal yang mengganggu penampilan. Tumit memiliki kulit paling tebal dibandingkan dengan bagian lainnya.

Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh, luasnya sekitar dua meter persegi. Ketebalan pada setiap bagian tubuh berbeda-beda (0,5-5 mm) dan rata-rata ketebalannya 1-2 mm. Kulit terdiri atas lapisan epidermis di bagian luar yang merupakan lapisan jaringan epitel dan lapisan dermis di bagian bawahnya yang merupakan lapisan jaringan ikat. Di bawah jaringan dermis terdapat jaringan hipodermis atau subkutis.

Dijelaskan oleh dr. Gunawan Budisantoso, Sp. KK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara bahwa tumit pecah-pecah adalah suatu kondisi di mana lapisan kulit mati atau stratum cornium yang tumbuh secara berlebihan, sehingga telapak kaki tampak kering. Dari kondisi kering ini, merupakan stimulus pecah- pecah pada kulit.

Penyebab. Ditambahkan dr. Gunawan, masalah tumit pecah-pecah disebabkan karena pada tempat-tempat tertentu, penekanannya paling besar. Dan, yang sering terjadi adalah karena gesekan kronis tumit dengan alas kaki seperti sepatu hak tinggi, sandal atau pun dengan lantai. Gesekan yang kronis atau tekanan yang terjadi secara terus menerus akan menyebabkan kulit kaki menebal, mengeras, dan akhirnya pecah-pecah. Selain karena gesekan yang terjadi menahun, penyebab lain adalah akibat iritasi dengan air atau bahan-bahan kimia seperti detergen. Tidak hanya itu, infeksi jamur juga bisa mengakibatkan kulit tumit pecah-pecah. Infeksi jamur umumnya diawali dengan bercak merah gatal dan kulit bersisik, yang dapat menebai dan pecah-pecah.

Menurut Ir. Edwina Rahmayanti, MBA, Herbalis dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Battra Ramuan, untuk mengatasi masalah tersebut, bisa menggunakan getah pepaya. Daiam getah pepaya terkandung enzim-enzim protease (pengurai protein) yaitu papain dan kimo papain. Enzim papain inilah yang bekerja untuk menghaluskan kulit tumit kaki yang bermasalah.

Kadar papain pada buah pepaya muda hingga 45% dan lebih dari 50% asam amino terkandung dalam getah pepaya kering. Papain merupakan enzim paling kuat yang dihasilkan oleh seluruh bagian tanaman pepaya. Pada pepaya, getah termasuk enzim proteolitik. Protein dasar itu memecah senyawa protein menjadi proton sehingga sangat berguna untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah.

Cara. Untuk menghaluskan tumit, langkah pertama adalah ambil getah pepaya dari buah pepaya yang masih muda. Tampung di suatu wadah, bisa dengan mangkuk atau piring kecil. Kemudian, bersihkan area yang akan diobati dengan sabun mandi. Setelah itu, bersihkan tumit dengan air dingin dan bilas dengan handuk kering untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di kulit tumit. Ambil getah pepaya dengan cotton bud, dan oleskan pada tumit yang pecah-pecah. Untuk kasus kulit yang menebal, tidak cukup dengan getah pepaya saja. Tetapi perlu juga dikikis dengan batu apung atau di srub dengan akar-akar herbal seperti akar wangi sebelum mengoleskan getah pepaya ke kulit yang pecah-pecah tadi. Setelah itu, perlu dilembabkan dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya. Lakukan dua kali sehari sehabis mandi dan sebelum tidur Apabila dilakukan dengan teratur untuk kondisi yang ringan, hasilnya sudah bisa terlihat setelah 2-3 hari. Tetapi untuk kondisi yang kronis, hasilnya baru bisa terlihat setelah 1-2 minggu dari pemakaian. Efek sampingnya biasanya berupa peradangan/kemerahan beberapa saat setelah dioleskan namun itu adalah gejala positif bahwa reaksi dari enzim tersebut mulai bekerja untuk menghaluskan kembali kulit tumit yang pecah - pecah. Kondisi ini hanya berlangsung 1-2 hari pertama pemakaian getah pepaya tersebut.

Khasiat lain dari getah pepaya adalah untuk melunakkan daging dalam dunia kuliner, menghentikan pendarahan (pada luka ringan / goresan), dan bisa juga untuk menyembuhkan kutil.

Dr. Gunawan menganjurkan agar terhindar dari kulit tumit yang pecah-pecah dengan selalu memakai alas kaki dan mengoleskan pelembab di daerah area kulit tumit.
Sumber: Tabloid Femme

No comments:

Post a Comment