Sunday, December 23, 2012

Tiga Cara Mendapatkan Kulit Cokelat Eksotik


Belakangan warna kulit kecokelatan atau gelap menjadi fren di kalangan artis agar terlihat lebih eksotik dan sensual. Treatment mencokelatkan kulit atau yang disebut tanning dilakukan oleh artis Agnes Monica, Farah Quinn, Fahrani, Alexandra Gottardo, Rebecca, Agni Pratisha dan Nadine Chandrawinata. Bagaimana cara melakukan tanning? Apakah aman dilakukan? 


Jika biasanya banyak wanita yang melirik treatment memutihkan kulit agar terlihat lebih cantik, belakangan treatment mencokelatkan kulit atau tanning juga disukai.

Tanning adalah proses penghitaman atau penggelapan kulit sehingga warna kulit yang tadinya terlihat putih menjadi lebih cokelat.

Jenis Tanning. Ada beberapa jenis tanning yang dilakukan untuk mencokelatkan kulit atau tanning. Berikut penjelasan dr. Gunawan Budisantoso, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin:

1. Tanning Alami.
Tanning alami dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari secara langsung selama beberapa jam, sesuai dengan kemauan Anda untuk mendapatkan kulit cokelat. Sebelum berjemur sebaiknya menggunakan sun block untuk mengurangi paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari, yang dilakukan pada pukul 10.00-15.00, saat matahari bersinar terik.

Tanning alami ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Berjemur yang efektif dilakukan tidak lebih dari satu jam. Pasalnya paparan sinar ultraviolet yang terlalu berlebihan membuat kulit terbakar. Selain itu, paparan sinar matahari yang menusuk tajam ke dalam permukaan kulit bisa berisiko terkena kanker kulit. Setelah tanning alami sebaiknya Anda memakai pelembab atau moisturizer.

2.Tanning Buatan atau Tanning Bed.
Tanning buatan atau tanning bed dilakukan dengan cara memasukkan tubuh ke dalam box khusus yang di dalamnya dilengkapi bed atau tempat tidur dan lampu ultraviolet. Bahkan seluruh sisi permukaan atas dan bawah dari box dilengkapi dengan lampu neon yang mengandung ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Pada saat akan melakukan tanning, Anda masuk ke dalam box tanpa mengenakan busana agar hasil tanning merata ke seluruh kulit. Namun dalam box Anda diwajibkan memakai pelindung khusus untuk mata.
Box tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih gelap karena lampu yang digunakan menyerupai sinar ultraviolet dari sinar matahari sehingga dapat membentuk pigmen melanin. Tanning bed ini berdaya 6.800 watt dan setelah kulit ”terpanggang” selama 20 menit di dalam box kulit akan berubah menjadi berwarna kecokelatan dan terkesan eksotik.

Hasil tanning dengan tanning bed tergolong instan karena dengan 3-4 kali treatment saja akan menghasilkan warna kulit yang berbeda dari sebelumnya.

3.Tanning Artifisial dengan Tanning Oil, Spray atau Lotion.
Tanning artifisial (permukaan kulit) digunakan dengan mengoleskan tanning oil dan tanning lotion, atau menyemprotkan bahan-bahan tan seperti tanning spray untuk menggelapkan kulit ke seluruh permukaan kulit secara merata hingga warna kulit berubah menjadi kecokelatan. Cara tersebut diharapkan dapat membakar sel-sel kulit mati yang terdapat di lapisan kulit sehingga sel-sel kulit mati yang terbakar akan berubah menjadi kecokelatan.

Setelahnya diamkan beberapa saat hingga meresap. Sebaiknya saat digunakan bagian tertentu dari tubuh seperti mata dilindungi.

Risiko Kanker.
Jika melakukan tanning secara langsung di bawah sinar matahari bisa menyebabkan risiko kulit cepat menua atau photoaging, kulit menjadi kering dan kusam, serta dihinggapi bercak-bercak putih (lentigo senilis) yang sangat sulit diobati. Selain itu, berdasarkan penelitian dari WHO (World Health Organization), bahwa besarnya ultraviolet (UV) yang dihasilkan oleh sinar matahari dapat meningkatkan pertumbuhan melanoma atau kanker kulit yang sangat mematikan.

Lebih Aman.
Meski tanning bisa menimbulkan risiko kanker, bukan berarti tidak ada metode tanning yang aman. Menurut dr. Edwin Djuanda, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, menggunakan sunless tanning (tanning artifisial) dengan mengoleskan produk sunless tanning berupa krim, gel, lotion, oil ataupun spray tanning lebih aman digunakan.

Meski kulit Sudah menjadi lebih cokelat, bukan berarti Anda harus menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Gunakan Sunblock setengah jam sebelum beraktivitas. Pemakaian Sunblock tak cukup sekali, tetapi sebaiknya diulang 2-3 jam sekali. (IK)

No comments:

Post a Comment