Monday, December 31, 2012

Perlukah Makan Selingan di Antara Jam Makan


Perlukah Makan Selingan di Antara Jam Makan
Perlukah Makan Selingan di Antara Jam Makan
Banyak wanita mengudap di antara jam makan utama. Namun tak sedikit yang menghindar kudapan karena takut akan gemuk. Sebenarnya, apa untung dan ruginya mengudap?

Ketika perut mulai memanggil. padahal waktu berada di luar jam makan utama. Akhirnya kudapan lah yang akan mengisi perut.


Rasa lapar ini biasanya muncul ketika seseorang sedang melakukan banyak aktivitas baik secara fisik maupun pikiran atau ketika sedang stres. Karena pada saat itu energi dalam tubuh terkuras sehingga tubuh memerlukan asupan lagi.

Ketika perut telah diisi pada saat jam makan utama, jumlah gula yang beredar dalam darah setelah empat jam kemudian akan menipis. Sementara organ tubuh hati tidak mampu memasok gula darah karena cadangan karbohidrat yang biasanya diubah menjadi gula darah sudah terkuras habis. Karena menipisnya kadar gula darah inilah rasa lapar akan timbul.

Apabila rasa lapar dibiarkan, akibatnya akan sulit berkonsentrasi, gelisah, mudah tersinggung, mudah gemuk, membuat perut perih dan kembung. Maka untuk mengisi rasa lapar di antara jam makan utama, tubuh memerlukan kudapan untuk menstabilkan kadar gula darah. Dengan mengudap, keinginan untuk makan dengan porsi besar di waktu makan utama akan berkurang.

Mengudap memang buruk tetapi juga baik. Hal itu tergantung dari jenis kudapan apa yang dimakan dan waktu yang tepat. Direktur Prevention Center dari Fred Hutchinson Cancer Reaserch Center, Dr. Anne McTiernan yang dikutip oleh HealthDay telah menyarankan agar memilih kualitas kudapan yang baik Serta waktu yang tepat untuk melakukannya. Kudapan akan lebih baik lagi, lanjutnya, apabila jarak antara jam makan utama lebih lama, sekitar lima jam atau lebih.

Perhatikan Kalori
Kudapan sebaiknya dibatasi dengan kandungan kalori yang tidak lebih dari 200 kalori dan mencampurnya dengan kudapan yang mengandung karbohidrat, protein serta lemak sehat. Karena tujuan dari kudapan antara jam makan utama adalah untuk menstabilkan energi tubuh, bukan sekadar mengenyangkan perut.

Perlu diketahui, kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, untuk mendapatkan asupan tubuh yang tepat setiap orang perlu mengetahui kebutuhan kalorinya masing masing. Dari jumlah total kalori yang dibutuhkan tubuh dibagi dalam tiga kali makan besar dan 2 sampai tiga kali kudapan.

Khusus bagi penderita diabetes, menikmati kudapan tentu masih sangat memungkinkan tanpa harus mengganggu jadwal makanan diabetes. Para diabetesi tidak perlu khawatir untuk mencicipi kudapan seperti kue kering atau kue basah asalkan jumlah kalorinya tidak berlebih.

Kebutuhan kalori pada penderita diabetes adalah 30- 40 kilo kalori per kilogram berat badan. Ada baiknya para diabetesi mengudap makanan bebas gula dan berserat tinggi agar rasa kenyang terasa lebih lama.

Kesalahan Waktu Untuk Mengudap
Selain memperhatikan kandungan kalori, perlu juga memperhatikan waktu yang tepat untuk mengudap. Berdasarkan jurnal Obesity, mengudap di malam hari dapat menyebabkan kegemukan. Hal ini dikarenakan pada malam hari orang akan mengudap sambil menonton tv, bermain internet atau video game sehingga menyebabkan rasa kenyang terasa lebih lama dan tanpa disadari akan mengambil makanan terus-menerus. Ada baiknya, setelah makan malam kurangi kudapan atau lebih baik hindari kudapan terutama yang mengandung pemanis.

Adapun menurut penelitian dalam Journal of the American Dietetic Association mengudap di antara jam makan pagi dan siang merupakan akibat dari pola makan yang sembarangan di jam makan utama. Kesalahan pola makan itu mengakibatkan keinginan untuk mengudap menjadi lebih besar. Hasil penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa jika wanita mengudap diantara jam makan pagi dan siang, kemungkinan mereka akan makan porsi lebih banyak dari biasanya.

Anne McTienan menambahkan, selain karena lapar, para wanita memutuskan untuk mengudap karena adanya rasa bosan. Jika bosan menjadi alasan utama untuk mengudap dan sering dilakukan tanpa memperhatikan waktu hal itu akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terutama jika kudapan yang disantap mengandung kadar gula yang tinggi sehingga akan mengakibatkan penimbunan lemak. 

Segera Kontrol Kudapan Anda
  • Sajikan kudapan setengah dari porsi normal
  • Ambil kudapan dari piring kecil, bukan dari kemasannya langsung.
  • Kunyahlah makanan lebih lama karena membuat rasa kenyang muncul lebih cepat.
  • Buat kudapan sendiri karena dengan begitu Anda akan berpikir kembali untuk menghabiskannya dengan segera dan porsi yang dimakan pun akan lebih teratur.
  • Jauhkan kudapan dari meja di sekitar Anda karena secara tidak sadar Anda akan terus mengambil kudapan itu tanpa berhenti.
  • Tulis catatan tentang dampak buruk mengudap berlebihan untuk selalu mengingatkan Anda.  

No comments:

Post a Comment