Thursday, December 13, 2012

Mewarnai Rambut dengan Cara Yang Tepat


Mewarnai Rambut dengan Cara Yang Tepat
Mewarnai rambut atau hair colouring sudah menjadi gaya hidup dan membuat penampilan seseorang menjadi trendi. Namun sebaliknya, jika pewarnaan rambut yang dipilih tidak sesuai dengan warna kulit, jenis rambut dan bleaching yang tidak tepat maka hasilnya terlihat tidak bagus. Lantas bagaimana melakukan treatment pengecatan rambut dengan tepat? 


Meski warna rambut sudah menjadi tren fesyen di kalangan masyarakat, namun bukan berarti setiap ada warna baru yang diluncurkan Anda mengikutinya. Dalam mewarnai rambut Anda harus berhati-hati memilih warna rambut agar pewarnaan rambut yang Anda lakukan tidak merusak gaya rambut yang sudah ada. Di samping itu, sebaiknya warna rambut disesuaikan dengan warna kulit agar penampilan lebih serasi.

Tips. Agar warna rambut Anda terlihat indah dipandang, berikut beberapa tips:
Sesuaikan dengan Warna Kulit. Menurut Ari Widodo, hair architect, sebelum memilih warna rambut, perhatikan warna kulit Anda. Menggunakan warna rambut yang tidak sesuai dengan warna kulit akan membuat kulit terlihat kusam atau pucat. Jika warna kulit Anda sawo matang atau kuning langsat, sebaiknya gunakan warna rambut blonde, cokelat, burgundy ataupun mahogany Jika warna kulitnya putih atau kuning langsat maka sebaiknya menggunakan warna-warna yang saat ini sedang tren yaitu warna cappuccino, karamel, chesnut, hazel ataupun cokelat kacang.

Model Rambut atau Gaya Rambut. Sebelum memilih Warna rambut, Sesuaikan dengan model rambut. Untuk rambut keriting atau pendek, dengan warna kulit putih maka sebaiknya memilih warna rambut cokelat tua dan menghindari meng-highlight rambut karena warna rambut tidak akan mengubah penampilan. Sementara jika rambutnya panjang maka bisa melakukan highlight di sekitar wajah atau memilih warna rambut dengan pewarnaan total.

Jenis Rambut. Sebelum mewarnai rambut kenali dulu jenis rambut Anda yaitu berminyak, kering ataupun normal karena akan mempengaruhi pada saat rambut terkena cahaya. Jika jenis rambut Anda berminyak sebaiknya hindari warna rambut yang terang maka efeknya kulit akan terlihat lebih gelap atau kusam. Sebaiknya sebelum memilih warna rambut berkonsultasi dulu dengan ahlinya.

Bahan Pewarna. Bahan-bahan pewarna yang terkandung di dalam cat rambut juga harus menjadi perhatian sebelum mengecat rambut agar tidak menimbulkan efek samping bagi rambut seperti rambut rusak. Untuk mendapatkan cat rambut yang baik maka sebaiknya pilih yang sudah diketahui berkualitas.

Bleaching dan Toning. Sebelum rambut diwarnai, umumnya rambut di-bleaching terlebih dulu. Menurut Rudy Hadisuwarno, pakar rambut ternama, bleaching rambut dilakukan agar pewarnaan lebih meresap dan melekat padat. Namun teknik bleaching juga harus tepat karena bleaching yang berlebihan atau tidak perlu justru akan merusak rambut dan menurunkan kualitas rambut. Bleaching digunakan untuk memberikan kesan highlight pada rambut, serta menurunkan warna rambut. Solusinya agar pewarnaan rambut tetap meresap tanpa bleaching adalah dengan toning rambut.

Perawatan Ekstra. Sesudah mengecat rambut dengan cara yang benar dan sesuai, bukan berarti rambut Anda aman dari kerusakan. Pengecatan rambut membuat rambut lebih muda   rusak jika tidak dirawat ekstra. Perawatan rambut yang diwarnai adalah melakukan produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner untuk rambut diwarnai.
Selain itu sebaiknya juga rutin melakukan treatment hair mask yang dapat mencegah kerusakan dan kekeringan rambut karena diwarnai. Sebaiknya juga rutin menggunakan serum rambut untuk membantu mencegah kerontokan rambut, mengaktifkan fungsi kulit kepala dengan peremajaan sel-sel, memelihara kulit kepala serta membuat kulit kepala menjadi sehat dan rambut menjadi indah. 

Sumber : Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment