Sunday, April 7, 2019

Membentuk Perut, Paha dan Lengan Atas Terlihat Ideal (Bagian 2)


2. Suntik Leptin dan Accent Ultra
Pola makan dan olahraga memang bisa mengurangi berat badan. Namun pada beberapa orang sudah melakukan diet tetapi tidak turun-turun juga, maka bisa dibantu stimulasi metabolisme lemaknya dengan Suntik leptin. Dijelaskan oleh dr. Windy Keumala Budianti, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, leptin adalah salah satu bahan aktif yang digunakan, yang merupakan protein yang mengandung 167 asam amino.


Fungsi dari leptin adalah menghantarkan isyarat ke otak bahwa badan sudah memiliki simpanan lemak yang cukup sehingga hypothalamus sebagai ”pusat kontrol” akan memberi tahu tubuh untuk berhenti makan. Di samping itu, leptin juga berfungsi untuk mengurangi cadangan lemak jaringan serta membantu untuk membakar lemak.

Leptin dimasukkan ke dalam tubuh dengan Cara suntik mesoterapi, yang merupakan salah satu cara untuk menghilangkan lemak setempat. Karena yang akan dikurangi adalah lemak yang berlebihan maka leptin ini disuntikkan ke dalam kulit di bagian tubuh yang lemaknya berlebihan seperti di perut atau paha.

Leptin ini termasuk aman dibandingkan dengan obat lainnya yang digunakan dalam mesoterapi seperti phosphatidylcholine. Meski phosphatidylcholine dianggap lebih cepat menurunkan berat badan, tetapi bisa berefek pada kesehatan jantung sehingga sudah dilarang digunakan di Amerika Serikat. Berbeda halnya dengan suntik leptin yang dianggap lebih aman digunakan.

Untuk mengurangi lemak yang berlebih, penggunaan suntik leptin dikombinasikan dengan obat minum. yang tentu saja penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter ahli Obat ini bermanfaat untuk membakar lemak dan mengurangi nafsu makan. Selain itu untuk pembentukan tubuh bagian tertentu agar lebih kencang, suntik leptin dikombinasikan dengan treatment yang menggunakan alat ultrasound dan radio frekuensi.

Salah satu treatment yang menggunakan teknologi ultra-sound sekaligus radio frekuensi adalah accent ultra. Accent ultra adalah cara nyaman untuk mengencangkan kulit, membentuk tubuh dan menghancurkan sel-sel lemak dengan menggunakan panas yang terkontrol. Accent ultra dapat membuat perut menjadi rata, serta pinggul, paha dan lengan yang lebih kecil, di samping juga dapat mengurangi kerutan sekaligus mengencangkan kulit yang kendur.

Proses pengerjaan accent ultra tergolong nyaman, cepat, dan tak menimbulkan rasa sakit. Karena ini bukan operasi, tak ada sayatan, jahitan, bahkan anestesi karena itu tak butuh waktu pemulihan. Treatment ini bisa dilakukan setelah operasi atau melahirkan. Lama pengerjaan accent ultra adalah 30 menit-1 jam. 

Di samping accent ultra, sebenarnya alat exilis juga dapat membantu mengurangi lemak, mengecilkan bagian tubuh dan mengencangkan kulit. Exilis adalah perawatan tanpa operasi menggunakan perangkat radio frekuensi (RF) yang menghasilkan kolagen. Exilis menggunakan energi RF untuk volumetrically panas jaringan yang lebih dalam dan untuk meningkatkan aktivitas metabolisme sel-sel lemak, menyebabkan lemak mencair. Lemak ini kemudian diserap oleh sistem limfatik dan dapat hilang dalam beberapa hari.

Suntik leptin dengan treatment accent ultra dilakukan secara bergantian, yang biasanya dilakukan seminggu sekali hingga mencapai berat badan yang diinginkan. Meskipun suntik leptin dan accent ultra bisa dilakukan di hari yang sama, tetapi dianjurkan dilakukan di hari yang berbeda karena jika berbarengan bisa menyebabkan memar. Biasanya dalam lima kali suntik leptin, lingkaran tubuh yang besar akan berkurang 7-10 cm.

Hasil dari treatment suntik leptin dan accent ultra dipantau dari pengukuran sebelum dan sesudah treatment. Di samping itu, sebelum menjalani treatment ini dilakukan pengukuran body composition sehingga diketahui massa lemaknya dan bagian tubuh mana yang lemaknya berlebih sehingga perlu dikurangi.

Treatment suntik leptin dan accent ultra tergolong aman, meski demikian pada beberapa orang bisa timbul efek samping. Pada beberapa orang di saat awal treatment bisa menyebabkan mual dan sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena pada saat awal treatment tubuh mulai mengurangi makan dan otak butuh gula, dan tubuh sendiri belum terbiasa. Namun biasanya setelah satu hingga dua kali treatment efek mual dan sakit kepala sudah tidak dialami lagi.

Selama menjalani treatment ini boleh melakukan olahraga ngegym karena ngegym adalah untuk membentuk otot supaya lebih kencang. Dianjurkan juga menjaga pola makan sehari-hari, yang sebaiknya dipantau oleh seorang nutritionist. Dengan segala perawatan yang dilakukan maka dalam sebulan hasilnya terlihat dan hasilnya akan permanen jika seseorang menjalani pola makan sehat dan berolahraga.

3. Akupunktur Slimming
Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengecilkan bagian perut, paha dan lengan ideal menurut dr. Dewi Anggraeni, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin adalah akupunktur slimming dan mesolipo. Akupunktur slimming menggunakan metode akupunktur dengan cara menusukkan jarum akupunktur ke dalam bagian tubuh yang ingin dikerjakan yaitu perut, paha dan lengan.

Sebelum melakukan treatment akupunktur slimming maka daerah yang akan dikurangi lemaknya disterilisasi dengan menggunakan alkohol. Berikutnya bagian yang ingin dikecilkan ditusukkan jarum akupunktur. Untuk perut biasanya menggunakan sebanyak 20-30 jarum, untuk paha sebanyak 8-10 jarum dan untuk lengan sebanyak 4-8 jarum.

Setelah semua jarum terpasang, selanjutnya adalah disambungkan dengan kabel ke mesin penggetar. Kemudian selanjutnya digetarkan selama 30 menit. Setelan selesai jarum dicabut dari area yang ditusukkan. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan tergantung dari tingkat penumpukan lemaknya. Biasanya dalam 10 kali treatment lemak yang berlebihan akan berkurang.

Akupunktur slimming tergolong aman jika dilakukan di bawah pengawasan dokter ahli. Untuk mencegah efek samping, sebelum treatment dilakukan pemeriksaan riwayat penyakit, genetik, pemakaian obat-obatan jangka pendek ataupun jangka panjang, merokok, minum alkohol, pola makan dan olahraga. Dilakukan juga pemeriksaan fisik seperti pengukuran tensi darah, denyut nadi, suhu tubuh, kondisi jantung, paru-paru, dan perut.

Setiap tindakan medis ada efek sampingnya, termasuk akupunktur slimming. Namun jika dilakukan oleh dokter ahli maka efek sampingnya minimal. Kemungkinan efek samping yang mungkin timbul adalah memar atau kebiruan (hematoma), sedikit nyeri di bagian yang disuntik, kemerahan, iritasi dan gatal.

Selama menjalani treatment dianjurkan tetap melakukan olahraga secara teratur seperti aerobik, boxing, pilates, yoga, renang, sit up dan angkat beban dengan dumbbell 1-2 kg. Olahraga bisa dilakukan lima kali seminggu dengan durasi satu jam setiap kali berolahraga. Imbangi juga dengan pola makan yang senat seperti makan rendah karbohidrat dan lemak, tinggi protein, serta makan buah-buahan dan sayur-sayuran, minum cukup air putih dan ditambah dengan suplemen atau vitamin; Kartika, Widi Amrikh, lffah

Sumber: Tabloid Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment