Sunday, April 7, 2019

Makan Sayur Pakchot Cegah Penuaan Dini


Makan Sayur Pakchot Cegah Penuaan Dini
Makan Sayur Pakchot Cegah Penuaan Dini
Menjadi awet muda tak harus selalu menjalani berbagai treatment mahal di klinik-klinik  kecantikan. Mengonsumsi sayur-sayuran yang kaya zat hijau daun (klorofil) seperti sayur pakchoy dapat membuat awet muda. Karena itu tak ada salahnya sejak muda. Anda mengonsumsi sayuran agar tidak mengalami penuaan dini. Mengapa demikian?


Sayur pakchoy atau sejenis sayur sawi pendek menjadi sayuran favorit banyak orang. Sayur ini umumnya diolah menjadi sayur sup pakchoy, pakchoy saus tiram, pakchoy goreng kecap, campuran capcay ataupun hanya direbus dan dimakan dengan cara dicocol sambal terasi. Sayur ini mengandung banyak khasiat. Salah satunya adalah untuk awet muda.

Klorofil. Meski belum ada penelitian khusus bahwa pakchoy dapat membuat seseorang awet muda, namun menurut dr. Inge Permadi, SpGK, dokter spesialis kulit dan kelamin berdasarkan kandungannya pakchoy mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mencegah penuaan. Pakchoy yang berwarna hijau kaya akan klorofil atau zat hijau daun yang bermanfaat sebagai antioksidan. Antioksidan ini dapat melawan radikal bebas dari polusi ataupun paparan sinar matahari secara langsung, sehingga membuat seseorang awet muda, serta membantu mengurangi peradangan.

Selain klorofil, pakchoy juga Kaya vitamin A, C, E dan K. Vitamin C dan E juga merupakan antioksidan. Cara kerja vitamin E adalah sebagai antioksidan yang ”berjalan” ke seluruh tubuh bersama dengan molekul lipoprotein dan dapat membantu melindungi dari oksidasi sehingga tidak terbentuk radikal bebas. Di samping itu, mineral yang terkandung dalam sayuran pakchoy adalah mangan dan kalsium. Pakchoy juga mengandung folat dan mineral, serta asam amino tritofat, kalium, tembaga, fosfor, besi, magnesium, vitamin B6, vitamin B2 dan protein.

Untuk kecantikan kulit dan mencegah penuaan dini, sebaiknya Anda banyak mengonsumsi sayur-sayuran hijau yang mengandung klorofil, Salah satunya adalah pakchoy setiap hari kulit membutuhkan sekitar 10-12 mg vitamin E yang didapat dari sayur-sayuran. Untuk sayurannya tidak hanya pakchoy tetapi diharapkan sayur-sayuran hijau yang dikonsumsi bervariasi setiap harinya. Pakchoy dapat dikonsumsi secara langsung, dengan direbus ataupun diolah menjadi berbagai macam jenis sayuran.

Kesehatan. Selain untuk kecantikan, kandungan antioksidan, vitamin dan mineral dalam sayur pakchoy juga berguna untuk Kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mencegah osteoporosis atau keropos tulang karena mengandung vitamin K. Bukti penelitian kesehatan terbaru yang dilakukan di berbagai negara, terutama di Amerika dan Inggris menunjukkan bahwa vitamin K penting untuk kesehatan tulang dan klasifikasi arteri (salah satu upaya tubuh mengatasi plak-plak yang terbentuk melalui proses inflamasi). Vitamin K akan membantu kalsium dan mineral lainnya untuk saling mengikat dan mengoptimalkan fungsinya terhadap kesehatan tulang.

Sementara vitamin A dalam pakchoy juga bermanfaat untuk menjaga kornea mata agar selalu sehat. Pakchoy juga dapat mencegah anemia karena mengandung asam folat. Manfaat lainnya adalah mencegah penyakit diabetes melitus, gondok dan kanker, serta melindungi kulit karena kandungan vitamin E.

Awet Muda. Sebenarnya penuaan tidak dapat dihindari karena secara alamiah seseorang bertambah tua setiap hari. Namun, Anda tetap bisa memperlambat proses penuaan sejak dini. Dijelaskan oleh dr. Hardi Suwita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, penuaan dini terjadi karena banyaknya radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat merusak kolagen.

Kolagen adalah protein yang terdiri dari amino-asam, yang dibangun dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen berisi asam amino spesifik-glycine, prolina, hidroksiprolina dan arginin. Kolagen dapat membantu memberikan kekuatan untuk berbagai struktur tubuh dan juga melindungi kulit dengan mencegah penyerapan dan penyebaran patogen, zat racun-racun lingkungan, mikro-organisme dan sel-sel kanker.

Proses penuaan pada umumnya terjadi karena semua sel jaringan yang ada pada organ tubuh dapat menangkal serangan radikal bebas karena di dalam sel terdapat sejenis enzim khusus yang mampu melawannya. Namun, karena manusia secara alami mengalami degradasi atau kemunduran seiring dengan peningkatan usia, sehingga pemusnahan radikal bebas tidak dapat terpenuhi dengan baik sehingga terjadi kerusakan jaringan terjadi secara perlahan-lahan. Contohnya, di kulit menjadi keriput karena kehilangan elastisitas jaringan Kolagen serta otot, terjadinya bintik pigmen kecokelatan atau vlek, kemudian mengalami kepikunan, parkinson atau alzheimer karena dinding sel saraf yang terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda merupakan serangan empuk dari radikal bebas.

Untuk mencegah penuaan tentu saja tidak cukup dengan makan sayur-sayuran hijau seperti pakchoy tetapi kulit harus selalu dirawat. Cara pencegahan dari penuaan dini adalah dengan penggunaan tabir surya (sunblock), terutama jika banyak berada di luar ruangan. Namun pemakaian tabir surya tidak cukup sekali, tetapi harus diulang setiap dua hingga tiga jam sekali.

Pencegahan lainnya adalah dengan tidur yang cukup, menghindari pemikiran yang terlalu keras karena menyebabkan stres. Dianjurkan juga untuk makan makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan tinggi dan vitamin seperti pakchoy. Indri, Nailul Iffah 

Sumber: Tabloid Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment