Sunday, April 7, 2019

Spa Minyak Zaitun Ampuh Lembabkan Kulit Wajah

Selain digunakan untuk memasak minyak zaitun juga dapat digunakan untuk kecantikan yaitu dapat   menyuburkan rambut, minyak untuk massage, serta melembabkan kulit yang kering. Minyak zaitun ini mengandung zat linoleic yang mampu mencegah penguapan air pada kulit sehingga kulit tetap lembab. Seperti apa?


Untuk memperoleh kulit wajah yang lembab, maka kaum hawa dengan rutin mengoleskan moisturizer pada wajahnya yang umumnya berbentuk krim dan masker. Padahal tak hanya krim-krim pelembab, bahan alami minyak zaitun pun sejak jaman dulu sudah dipercaya dapat melembabkan kulit. Minyak zaitun yang biasa dijadikan minyak untuk memasak dan campuran dalam salad yang dianggap lebih gurih dan sehat, juga dikenal dapat melembabkan Kulit dan mencegah penuaan dini.

Menurut Herbalis dr. Sisilia lndradjaja, MHM, master of herbal medicine, minyak zaitun mempunyai efek antiinflamasi atau antiperadangan pada kulit dan melembabkan kulit yang memiliki efek antibakterial dan emolient (pelembab). Selain itu minyak zaitun juga mampu menghilangkan jerawat karena memiliki kandungan kadar Vitamin E yang sangat tinggi. Vitamin E berfungsi untuk merawat dan peremajaan kulit, sehingga minyak zaitun sangat cocok digunakan sebagai masker penghilang jerawat serta memperhalus kulit.

Kandungan Minyak Zaitun. Kandungan yang ada pada minyak zaitun antara lain Vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan zat besi yang berkhasiat untuk kecantikan kulit, wajah dan rambut. Minyak zaitun dipercaya mampu melembabkan kulit kering dan keriput, Karena Kandungan zat linoleic acid yang mampu melembabkan kulit karena mampu menjaga air menguap. Minyak zaitun mudah menyerap ke dalam kulit sehingga sangat bagus untuk melembabkan dan menyehatkan kulit sehingga membuat elastisitas kulit akan terjaga sehingga meminimalisasi munculnya keriput dini dan kulit kering.

Minyak zaitun sebagai pelembab sangat cocok untuk kulit wajah dan tubuh karena minyak zaitun akan menembus ke jaringan kulit dan memberikan kelembaban untuk menjaga kulit tetap halus dan kencang. Minyak zaitun bisa digunakan, sebagai krim pagi dan krim malam atau pelembab setiap hari. Jika kulit mengalami kekeringan yang sangat parah atau bersisik, sebaiknya mencampurkan minyak zaitun dengan garam laut lalu digosokkan ke bagian kulit yang kering, Karena minyak zaitun mampu mengelupaskan kulit mati dan menyehatkan lapisan kulit bawah. Sebaiknya sebelum mengoleskan minyak zaitun, wajah dibersihkan terlebih dulu.

Minyak zaitun juga sering digunakan untuk membersihkan sisa make up karena sangat mudah proses penggunaannya Caranya seperti menggunakan toner, oleskan minyak zaitun ke kapas dan usapkan ke wajah hingga sisa make up dan debu hilang. Minyak zaitun yang memiliki antidioksidan tinggi seperti Vitamin A dan E yang membantu memperbaiki dan memperbaharui sel kulit yang mati akibat terkena sinar matahari, polutan, dan pengaruh lingkungan seperti. asap rokok dan makanan siap saji. Antidioksidan memiliki kemampuan alami untuk merangsang dan mengembalikan pertumbuhan sel-sel kulit menjadi halus, sehat dan kencang.

Spa Minyak Zaitun. Untuk melembabkan kulit, minyak zaitun dijadikan bahan spa, yang dapat dilakukan di rumah sendiri, sehingga budget-nya pun sangat terjangkau kantung. Dalam terapi spa minyak zaitun, caranya minyak zaitun dioleskan ke seluruh wajah. lalu wajah di-massage agar minyak zaitun meresap ke dalam kulit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. minyak zaitun ditambahkan dengan Jojoba oil, almond oil dan coconut oil, yang juga bermanfaat untuk melembabkan dan mempermudah penetrasi kulit. Spa minyak zaitun bisa digunakan pada pagi hari dan malam hari, terutama pada daerah kulit yang kering. Sebaiknya saat pengerjaan, minyak zaitun tidak dilakukan pada wajah yang berjerawat.

Hasil dari pemakaian spa minyak zaitun tergantung kondisi kulit seseorang Biasanya sekali memakai spa minyak zaitun hasilnya terlihat kulit menjadi lebih lembab, kenyal, lembut dan kencang. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya penggunaannya rutin setiap pagi dan malam agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Dengan pemakaian yang rutin maka dapat meningkatkan hidrasi kulit (kelembaban kulit) dan membantu kulit lebih kenyal.

Jika sudah mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya minyak zaitun tetap digunakan pada malam hari. Penggunaan minyak zaitun cukup aman karena merupakan bahan alami, sehingga jarang terjadi keluhan iritasi. Meski demikian, keluhan bisa terjadi jika orang tersebut hipersensitif.

Tetap Gunakan Pelembab. Mengenai penggunaan minyak zaitun untuk melembabkan kulit, dr. Hardi Suwita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin mengatakan, minyak zaitun memang mengandung vitamin dan antidioksidan sehingga mampu melembabkan kulit dan membuat kulit tidak terlalu kering. Namun untuk menambah antidioksidan, penggunaan minyak zaitun harus diimbangi dengan pelembab atau moisturaizer setiap harinya yang tidak menimbulkan alergi.

Secara umum kulit kering disebabkan oleh banyak faktor seperti pengaruh cuaca, paparan sinar matahari secara langsung, lingkungan, kurang minum air putih, berada terlalu lama di ruang ber-AC. Selain itu, penggunaan kosmetik yang salah, faktor keturunan yang tidak bisa diubah serta radikal bebas juga menyebabkan kulit terlalu kering dan kusam. Begitu pula jika seseorang kurang tidur, minuman yang berakohol, merokok dan pola hidup yang tidak sehat juga membuat kulit terlihat kering dan kusam.

Untuk mencegah kulit kering bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, dimulai dari membersihkan wajah secara teratur dan sesuai jenis kulit. Setelah wajah bersih, sebaiknya gunakan moisturizer setiap harinya, memakai sunblock, memakai krim khusus yang dibuat agar kulit tidak terlalu kering, cukup minum air putih, menghindari paparan sinar matahari secara langsung, makan sayur-sayuran dan buah-buahan serta minum vitamin yang mengandung antidioksidan untuk mengikat radikal bebas. Hindari juga merokok dan minum minuman berakohol. Selain itu, agar kulit selalu lembab, lakukan olahraga dan menjalani hidup sehat. Namun agar hasil lebih efektif untuk melembabkan kulit, perawatan harian bisa ditambahkan dengan minyak zaitun sehingga kulit lebih lembab dan kenyal. Nailul Iffah


Sumber : Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment