Saturday, April 27, 2019

Kulit Tetap Lembab Di Usia 35 Tahun

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para  ahli kesehatan   dunia baru-baru ini melansir, rentang usia 35 tahun ke atas  merupakan usia wajib memakai pelembab untuk seluruh kulit Pasalnya, di usia ini kulit menjadi lebih kering sehingga penggunaan pelembab tubuh sangat membantu. Seperti apakah?


Memasuki usia 35 tahun ke atas, kulit yang sebelumnya terlihat lembab akan tampak lebih kering dari sebelumnya. Menurut dr. Edwin Djuanda, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, hal ini  terjadi karena seiring dengan bertambahnya usia, maka akan semakin berkuranglah proses regenerasi kulit. Dengan kondisi seperti ini, produksi kelenjar minyak dan keringat pada kulit pun akan semakin menurun. Alhasil air di dalam kulit jadi lebih mudah menguap. Akibatnya, selain dihinggapi oleh kerut halus, kulit akan terlihat lebih kering.

Selain itu, faktor usia yang terus menanjak juga akan menyebabkan berkurangnya ketebalan lapisan dermis (lapisan permukaan kulit) sebanyak 20 persen. Kondisi ini terjadi karena hilangnya serat elastin dan kolagen. Kolagen dan elastin merupakan komponen utama dari lapisan epidermis. Hilangnya serat-serat ini berdampak buruk terhadap kelembaban dan ketegangan kulit sehingga kulit terlihat lebih tipis dan kering.

Kaya Kandungan Vitamin. Tak perlu khawatir jika Anda bermasalah dengan kulit kering saat menginjak usia 35 tahun ke atas. Pasalnya masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan pelembab kulit (body lotion) yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin E, Serta antioksidan. vitamin C, vitamin E, serta antioksidan yang terkandung dalam body lotion tersebut memiliki kemampuan untuk membantu produksi kelenjar minyak dan kelenjar keringat pada kulit. Alhasil, air di dalam kulit pun tidak mudah menguap sehingga kulit akan terlihat lebih lembab.

Selain itu, kandungan ketiga vitamin ini juga mampu menangkal terjadinya radikal bebas yang menjadi biang penuaan kulit. Pelembab yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin E, serta antioksidan saja tidak cukup Untuk membantu mempertahankan kelembaban kulit wanita usia kepala empat Agar efek kelembaban kulit lebih sempurna, sebaiknya Anda memilih pelembab yang juga mengandung tabir surya (sun protector) dan kandungan bahan lainnya seperti Aloe vera (lidah buaya ), cocoa butter   shea butren olive oil (minyak zaitun) dan jojoba oil. Body lotion yang kaya akan kandungan zat ini memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit, menangkal radikal bebas. sekaligus sebagai pelindung kulit dari sinar ultraviolet.

Sesuaikan Jenis Kulit. Agar hasilnya lebih maksimal, pemakaian body lotion pun harus disesuaikan dengan jenis kulit dan iklim tempat tinggal Anda. Prinsipnya jika kulit Anda termasuk tipe kulit normal yang cenderung berminyak dan Anda tinggal di daerah beriklim panas, maka Anda dianjurkan menggunakan lotion yang kaya akan kandungan air.

Paparan sinar matahari membuat kulit Anda lebih mudah mengalami dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit ini dibutuhkan adanya pelembab kulit yang banyak mengandung air. Sebaliknya, jika kulit Anda termasuk tipe kulit berminyak dan Anda tinggal di daerah dingin maupun sering berada di ruang ber-AC, kemungkinan kulit Anda akan sedikit terasa kering di  beberapa bagian. Misalnya di sisi hidung, di bawah dagu dan seputar garis rambut. Untuk mengantisipasi masalah ini ada baiknya Anda menggunakan pelembab hanya di bagian yang terasa kering. Agar hasilnya lebih maksimal, pilihlah lotion tanpa kandungan minyak (oil- free). Diah

Sumber: Tabloid Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment