Sunday, April 7, 2019

Masker Kentang Bisa Haluskan Kulit


Kentang ternyata tak hanya bermanfaat untuk melangsingkan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Kentang berikut kulitnya bisa dijadikan masker agar kulit wajah menjadi lebih halus Mengapa demikian?



Selama ini kentang dikenal sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi yang bermanfaat untuk melangsingkan tubuh. Dijelaskan oleh dr. Saptawati Bardosono, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, kentang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang dapat membantu penyerapan karbohidrat. Di samping itu, kandungan karbohidrat di dalam kentang juga mudah dicerna.

Namun di balik khasiatnya untuk pelangsingan, kentang juga ternyata bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah, karena mengandung sumber vitamin C yang juga dikenal sebagai sumber antioksidan serta vitamin B. Meski belum ada penelitian secara ilmiah yang mengatakan bahwa kentang dapat membantu menghaluskan kulit, namun secara tradisional kentang Sudah dibuktikan dapat membersihkan kulit dan obat lokal pada gangguan kulit atau peradangan seperti luka bakar dan jerawat.

Kulit kentang juga bisa dimanfaatkan karena mengandung banyak serat sehingga bisa menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya masalah kulit kusam, keriput dan lain sebagainya. Kulit kentang juga mengandung vitamin C dan vitamin B Kompleks yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Kandungan vitamin B Kompleks dalam kulit kentang juga berfungsi untuk membuat jaringan tubuh, termasuk kulit tidak akan kekurangan oksigen.

Selain untuk kecantikan, kentang juga bermanfaat untuk mencegah kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan luka pada bibir, perlunakan dan pendarahan gusi, mudah terserang infeksi virus dan lain-lain. Kentang juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor dan zinc yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat rematik, menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan tekanan darah, serta membantu fungsi hormon insulin yang mengendalikan kadar gula darah.

Dijadikan Masker. Untuk menghaluskan kulit kentang bisa digunakan untuk masker. Menurut Yusuf Wijaya, pakar herbalis, untuk digunakan sebagai masker kentang mentah ditumbuk atau dihancurkan beserta kulitnya. Sesudah itu dicampurkan dengan sedikit madu, lalu dioleskan pada wajah dan didiamkan selama kurang lebih 20 menit. Sesudah itu dibilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka, dan berikutnya dilanjutkan dengan bilas menggunakan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.

Penggunaan masker kentang juga bisa dicampurkan dengan susu. Selama ini susu juga dikenal dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam pada wajah karena enzim catecholase. kentang yang masih segar direbus sebentar tidak sampai matang, lalu kentang diparut hingga halus. Sesudah itu dicampurkan 1 sdm susu dan diaduk hingga rata. Setelah semua tercampur, oleskan masker pada wajah dan didiamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

Kentang juga bisa mencerahkan dan menghilangkan kantung mata. Caranya dengan memarut kulit kentang, lalu kulit kentang yang sudah diparut dikompres dengan menggunakan kain berserat, dan sesudah itu ditaruh di bawah mata. Biarkan selama 15-20 menit, lalu dibilas dengan air hangat dan kemudian dibilas kembali dengan air dingin.

Sebaiknya masker dengan kentang dilakukan rutin seminggu sekali agar hasilnya lebih terasa. Meski cara ini aman digunakan karena berbahan alami, tetapi ada beberapa orang yang alergi terhadap kentang. Jika timbul reaksi kemerahan atau gatal-gatal sebaiknya pemakaian dihentikan. Sementara untuk kentang yang dikonsumsi langsung, meski kentang sangat bermanfaat untuk kecantikan, tetapi tidak dianjurkan makan kentang setiap hari, ini lantaran kentang mengandung karbohidrat tinggi namun kandungan proteinnya rendah sehingga dikhawatirkan akan timbul efek negatif bagi kesehatan.

Di dalam kentang juga terdapat zat non gizi atau solain yang bagi sebagian orang dapat menimbulkan alergi dan memicu rasa nyeri pada penderita gangguan sendi. Indri
Sumber: Tabloid Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment