Sunday, April 7, 2019

Sunblock Harus Dioleskan 15 Menit Sebelum Keluar Rumah

Sunblock atau tabir surya mampu memberikan perlindungan maksimal bagi kulit saat berada di luar ruangan. Untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap paparan sinar matahari,   digunakan 15 menit sebelum keluar rumah. Mengapa?


Di balik manfaatnya yang besar bagi kehidupan umat manusia, cahaya matahari ternyata bisa membawa dampak negatif bagi kecantikan kulit. Efek negatif cahaya matahari diyakini sebagai salah satu faktor utama yang bisa memicu terjadinya penuaan dini. Paparan sinar matahari bisa memicu masuknya radikal bebas (pemicu penuaan dini) ke dalam tubuh. Untuk membantu mencegah paparan langsung sinar matahari, para pakar kesehatan kulit dunia menyarankan rutin memakai sunblock atau tabir surya. Sunblock dengan kandungan SPF (sun protecting factor) jumlah tertentu memang bisa membantu melindungi kulit dari pengaruh negatif sinar matahari.

Pemakaian sunblock yang benar akan memberikan efek yang maksimal terhadap kulit. Berikut beberapa aturan pemakaian sunblock yang benar menurut dr. Yani Ichsan, dokter ahli kecantikan:

  1. Tak Cukup Area Wajah. Untuk memberikan perlindungan maksimal kepada kulit, sunblock sebaiknya tidak hanya dioleskan di area kulit wajah saja namun juga sekujur kulit tubuh secara merata.
  2. Sesuaikan dengan Aktivitas. Khusus untuk area kulit wajah, hindari pemakaian tabir surya dengan SPF di atas 50. Karena semakin tinggi kandungan SPF maka akan semakin besar jugalah kandungan bahan minyak di dalamnya. Jenis sunblock untuk pemakaian dalam ruangan juga berbeda dengan luar ruangan. Anda yang lebih banyak bekerja di dalam ruangan sudah cukup memakai Sunblock SPF 30, Sedangkan Sunblock SPF 50 cocok untuk kegiatan di luar ruangan. Namun, SPF 30 pun bisa dipakai di luar ruangan, asalkan sunblock kembali dioleskan 5-6 jam kemudian.
  3. 15 Menit Sebelum Keluar Ruangan. Agar kandungan SPF dalam tabir surya tersebut dapat menyerap secara sempurna ke area kulit, maka Anda dianjurkan untuk mengoleskannya 15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Selain itu, bagi Anda yang gemar berenang dianjurkan untuk memilih sunblock yang tidak luntur terkena air. Pasalnya, meskipun proses pembersihannya agak tergolong sulit namun Sunblock seperti inilah yang bisa memberikan perlindungan maksimal bagi Anda yang hobi berenang di saat matahari Sedang terik (pukul 09.00-17.00). Diah



Sumber : Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment