Sunday, April 7, 2019

Kangkung Bisa Membuat Rambut Kuat dan Hitam Alami

Sering mengalami rambut rontok? Makan sayur kangkung saja! Sering mengonsumsi sayur kangkung ternyata bisa membuat rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok. Kangkung kaya akan vitamin, mineral dan zat besi yang berguna untuk menguatkan akar rambut. Benarkah?

Helai demi helai rambut berguguran, ketika Anda menyisir rambut ataupun terlihat banyak rambut rontok di bantal ketika bangun tidur di pagi hari. Sebaiknya segera diatasi Sehingga rambut rontok yang dialami tidak semakin parah. Rambut dikatakan mengalami kerontokan parah jika dalam sehari berguguran hingga lebih dari 120 helai.


Beberapa penyebab kerontokan adalah peradangan dan infeksi trauma, stres psikis, perubahan hormon Setelah melahirkan, Sena obat-obatan Seperti pil KB dan antidepresan. Kerontokan juga bisa terjadi karena perlakukan yang salah pada rambut seperti menyisir terlalu kencang atau sering melakukan treatment seperti pewarnaan, pelurusan, pengeritingan Serta blow dan catok.

Tentu Anda tak ingin rambut terus-menerus rontok, bukan? Selain mengurangi faktor-faktor penyebab kerontokan dan melakukan perawatan rambut seperti penggunaan masker rambut dan hair tonic, Sebaiknya Anda juga mengonsumsi sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin A, C, E, zat besi dan lain-lain.

Kangkung. Kangkung, yang dikenal juga dengan nama water convovulus, water Spinach, atau swamp-cabbagemerupakan salah satu Sayuran yang banyak mengandung vitamin A, B, C, serta mineral seperti zat besi, asam amino, kalsium, fosfor, karoten dan lain-lain. Dalam 100 gr kangkung yang direbus tanpa garam mengandung 91,2 gr air, 28 kkal energi, 1,9 gr protein, 0,4 gr lemak, 5,63 gr karbohidrat, 2 gr Serat, dan 0,87 gr ampas. Bahkan, Herminia de Guzman Ladion, pakar kesehatan dari Filipina, menyebut kangkung sebagai tanaman ajaib karena kandungannya bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan Kangkung dibedakan menjadi dua jenis yaitu kangkung darat (Ipomea reptans) atau kangkung cina dan kangkung air (Ipomea aquatica) yang tumbuh secara alami di sawah, rawa ataupun parit. Kedua jenis kangkung ini memiliki khasiat untuk rambut. 

Namun umumnya jenis kangkung darat lebih banyak diminati karena memiliki cita rasa yang lebih nikmat dan daunnya lebih lembut. Kangkung darat berbunga putih bersih dengan batang putih kehijauan, sementara daun dan batangnya lebih kecil dibandingkan kangkung air. Sementara kangkung air berbunga putih kemerahan dengan batang berwarna hijau.

Ditambahkan oleh dr. Prapti Utami, herbalis, kandungan mineral, vitamin dan protein yang terdapat di dalam kangkung bermanfaat untuk kesehatan rambut. Di samping itu, di dalam kangkung juga terkandung  betakaroten merupakan karotenoid, zat pemberi warna merah, kuning, oranye dan hijau tua. Peran karotenoid adalah sebagai zat antioksidan dan dalam sistem fotosintesis, serta dapat diubah menjadi vitamin esensial.

Dr. Diani Andrina, SpGK, dokter spesialis gizi klinik mengatakan, di dalam Kangkung terdapat zat karoten, yang dapat larut dengan lemak yang terkandung dalam minyak sehingga manfaatnya dapat dirasakan untuk seluruh tubuh, serta baik untuk kesehatan rambut. Nah, untuk mendapatkan manfaat dari kangkung bagi kecantikan maupun kesehatan, maka Kangkung dapat diolah sesuai selera misalnya Cah Kangkung, Kangkung sapi Lada Hitam atau Kangkung Tumis Udang.

Untuk mendapatkan rambut yang kuat, kangkung dapat dikonsumsi setiap hari, tetapi tentu saja harus diimbangi dengan lauk-pauk lainnya. Namun, karena di dalam kangkung terdapat zat purin yang memiliki efek kurang baik bagi penderita asam urat, maka sebaiknya penderita asam urat tidak terlalu sering makan kangkung.

Kangkung Mentah. Selain diolah, kangkung mentah juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut lainnya yaitu ketombe. Kangkung mentah juga bermanfaat untuk membuat rambut hitam alami dan mengkilap karena mengandung vitamin E. Berikut cara memanfaatkan kangkung mentah untuk mengatasi ketombe dan menghitamkan rambut:

Mengatasi masalah ketombe: Kangkung direndam dengan air secukupnya selama satu malam, hingga airnya berubah warna  menjadi agak kebiruan. Sesudah itu disaring airnya dan digunakan untuk keramas. Sebaiknya dilakukan rutin seminggu dua kali agar hasilnya maksimal.

Cara lain: Tiga batang kangkung beserta daunnya, 3 batang seledri, 1 sdt garam dapur dan 1 gelas air bersih. Kangkung, seledri dan garam ditumbuk sampai halus, lalu dimasukkan ke dalam sebuah wadah dan ditambahkan air, lalu disaring. Air saringan tersebut digunakan untuk keramas. Setelah air saringan membasahi seluruh rambut, lalu diamkan selama 30 menit, kemudian dibilas. Sebaiknya dilakukan rutin seminggu dua kali agar hasilnya maksimal.

Rambut hitam alami dan mengkilap: 10 batang kangkung dipotong-potong menjadi beberapa bagian, lalu di remas-remas menggunakan sedikit air bersih hingga hancur dan berlendir. Sesudah itu lendir dari kangkung dioleskan pada rambut, lalu rambut dibungkus dengan handuk atau shower cap dan dibiarkan selama satu jam. Sesudah itu rambut dibilas dan di keramas hingga bersih. lndri Eka Lestari  

Sumber : Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment