Saturday, April 27, 2019

Kandungan Pepaya Efektif Melembabkan Kulit


Ekstrak pepaya umumnya ditambahkan produsen kecantikan ke dalam pelembab kulit agar memberikan hasil' yang efektif untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Pepaya mengandung antioksidan, betakaroten dan enzim papain yang bisa menambah efektivitas dari pelembab. Benarkah?
 
Tak hanya bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, pepaya yang kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, Serta betakaroten dan enzim papain ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk melembabkan, mencerahkan, mengenyalkan kulit sekaligus memberi efek antijerawat. Meskipun manfaatnya sangat besar, namun banyak orang yang belum menyadari besarnya manfaat buah pepaya ini untuk mempercantik kulit. Klaim positif para produsen lotion pelembab yang saling berlomba menambahkan kandungan ekstrak pepaya ke dalam produk pelembabnya sudah menjadi hal biasa.

Menurut dr. Huda Haidar, dokter sekaligus praktisi kecantikan, penambahan bahan pepaya dalam pelembab kulit sebenarnya memiliki dua kemungkinan. Yaitu mengurangi efektivitas pelembab kulit tersebut atau sebaliknya bisa menambah ataupun menyeimbangkan efektivitasnya dalam melembabkan kulit. Positif atau negatif manfaat dari kandungan pepaya tersebut sangat bergantung pada kandungan bahan pelembab kulit yang digunakan.

Bahan Aktif. Prinsipnya, agar kandungan bahan pepaya tersebut bisa berfungsi maksimal untuk melembabkan dan mencerahkan kulit, Anda harus memperhatikan kandungan bahan aktif yang terdapat dalam pelembab tersebut Ada beberapa bahan aktif yang terkandung dalam pelembab kulit yang akan efektif memberikan hasil bagus, yaitu:

1. Retinol. Merupakan salah satu turunan vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan kolagen pada kulit. Sebagaimana diketahui kandungan kolagen ini memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga kekenyalan kulit seseorang. Selain itu, retinol juga berfungsi untuk membantu mempercepat regenerasi sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih senat Karena proses pergantian kulit berlangsung setiap 28 hari sekali, maka kandungan bahan retinol dalam pelembab kulit ini berfungsi untuk membantu proses regenerasi kulit agar tetap berjalan normal (28 hari sekali).

2. Alpha Hidroxy Acid (AHA). Kandungan alpha hidroxy acid (AHA) memiliki manfaat yang sangat besar dalam mempercantik kulit. Mulai dari membantu mengurangi kerutan, dan membantu pembentukan stratum korneum (baglan kulit epidermis di bagian kulit terluar atau yang disebut kulit mati,-red). Selain itu, kandungan AHA dalam pelembab pun bisa dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan produksi kolagen dalam lapisan kulit. Kandungan bahan AHA yang ditambahkan ke dalam pelembab biasanya diambil dari berbagai bahan alami seperti tanaman atau buah. Mulai dari glicolic acid yang berasal dari tebu, lactic acid dari susu, citric acid dari citrus atau jeruk, dan juga ma/ic acid yang berasal dari apel. Dari semua varian AHA ini, yang paling populer adalah citric acid yang berasal dari buah jeruk.

3.Vitamin Bs. Dibandingkan dengan vitamin lainnya, kandungan Vitamin B3 memiliki manfaat yang Sangat besar dalam melembabkan kulit. Mulai dari membantu kulit menghalangi berbagai kotoran atau polusi yang masuk dan menyerang kulit. Selain itu, vitamin B3 juga berfungsi meningkatkan produksi emolien alami kulit untuk membantu meningkatkan proses hidrasi agar kulit tetap lembab dan sehat. Vitamin B3 ini juga berfungsi untuk mengurangi pigmentasi yang tak merata atau vlek hitam pada kulit, sekaligus membantu menyamarkan noda.

4.Antioksidan. Salah satu cara untuk menghindari kerusakan kulit adalah dengan menggunakan pelembab yang mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan ini mampu mengikat radikal bebas, mencegah kerut, mengurangi pigmentasi kulit, dan memperbaiki rona warna kulit Karena buah pepaya Kaya akan kandungan bahan antioksidan, maka tidak Salah jika bahan ini banyak ditambahkan sebagai salah satu campuran bahan dalam pelembab kulit. Penambahan bahan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pelembab dalam membantu melembabkan sekaligus mencerahkan kulit. Diah  

No comments:

Post a Comment