Sunday, April 7, 2019

Body Lotion Bisa Dipakai Sejak Bayi

Body lotion yang identik digunakan sebagai pelembab kulit orang dewasa ternyata bisa digunakan sejak usia bayi. Terlebih lagi bagi bayi yang bermasalah dengan dermatitis atopik atau radang kulit yang kering dan gatal. Jika kondisi tersebut terjadi maka penggunaan body lotion akan sangat berguna untuk membantu melembabkan kulit bayi yang kering. Lantas seberapa sering body lotion tersebut sebaiknya dioleskan pada kulit bayi?


Seperti halnya kulit orang dewasa yang mengalami penuaan, kulit bayi yang terlihat halus dan lembut pun ternyata telah mengalami proses penuaan (premature skin aging). Meskipun proses penuaan kulit bayi usia 1-2 tahun tidak akan terlihat seperti orang dewasa karena proses regenerasi kulitnya yang cepat. Namun semakin bertambah usia serta semakin lama terpapar kulitnya oleh berbagai faktor ekstrinsik atau faktor dari luar seperti polusi, salah perawatan, efek negatif AC, hingga pengaruh negatif asap rokok, maka proses regenerasi kulit yang awalnya cepat pun akan mengalami perlambatan, sehingga proses penuaan kulitnya pun akan terlihat jelas. Proses penuaan yang terjadi mulai dari warna kulit yang tampak sedikit gelap, terlihat kering, kusam, keriput, sampai alergi.

Dermatitis Atopik. Gejala penuaan dini ini akan terlihat lebih jelas pada bayi yang bermasalah dengan dermatitis atopik. Dermatitis atopik yaitu suatu kondisi peradangan kulit yang kering dan gatal. Kulit sang bayi yang telah terlihat kering, tentu saja akan semakin terlihat kering dan kusam. Jika kondisi seperti ini terjadi secara terus-menerus tanpa ada penanganan, maka kulit bayi pun akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Hal seperti di atas seharusnya tidak perlu terjadi jika kulit bayi yang bermasalah dengan dermatitis atopik rutin dioleskan dengan pelembab kulit atau body lotion atau moisturizer. Seperti halnya pelembab kulit pada orang dewasa, penggunaan body lotion pada kulit bayi juga berfungsi untuk mempertahankan kelembaban kulit dan merawat kehalusan kulit.

Tentu saja, pelembab kulit yang digunakan bukanlah body lotion seperti yang digunakan oleh orang dewasa. Body lotion yang digunakan untuk bayi adalah body lotion khusus bayi yang mengandung sedikit bahan kimia. Dengan rutin mengoleskan body lotion tersebut tiga kali sehari, kulit bayi akan memperoleh perlindungan ganda, yaitu perlindungan alami yang berasal dari kulit bayi, serta perlindungan artifisial yang dihasilkan oleh body lotion. Perlindungan ganda ini tentu saja akan membuat kulit bayi Anda yang sebelumnya terlihat kering akan terlihat lebih terawat dan lebih halus.

Area Tertentu. Menurut dr. Huda Haidar, dokter sekaligus ahli kecantikan, untuk memperoleh hasil maksimal, pelembab kulit tersebut sebaiknya dioleskan dalam kondisi kulit bersih sehabis mandi. Hal tersebut dilakukan agar beragam vitamin yang terkandung dalam pelembab bisa terserap dengan baik oleh kulit bayi. Agar hasilnya lebih bagus maka pelembab kulit khusus bayi ini sebaiknya hanya digunakan untuk area-area tertentu saja. Misalnya, body lotion yang berbentuk lebih soft (ringan) bisa digunakan untuk kulit seluruh badan. Sementara body cream lebih dianjurkan pada area kulit yang rawan bermasalah dengan kulit kering. Sedangkan body butter dengan konsentrasinya lebih pekat lebih cocok digunakan untuk area kulit siku dan tumit. Diah


Sumber : Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment