Tuesday, April 9, 2013

Menyulap P@yud@r@ Kendur Jadi Menantang (Bagian 3)


6. Penggunaan Bahan alami
Hasil dari massage p@yud@r@ akan semakin bagus dan cepat jika ditunjang dengan penggunaan bahan-bahan alami. Hasilnya sudah terlihat 2-3 minggu melakukan perawatan p@yud@r@, yaitu p@yud@r@ yang tadinya kendur sudah terlihat naik, kencang dan bersih. Lantas bahan alami apa saja yang bisa membuat p@yud@r@ menjadi seksi dan ”menantang” kembali? Dijelaskan oleh drs. Alamsyah Agus, MM, herbalis, bahan alami yang bisa digunakan untuk mengencangkan p@yud@r@ adalah bahan-bahan yang bersifat panas dan mengecilkan. Sifat panas dari bahan alami ini akan menyebabkan terbakarnya lemak sehingga jika lemak berkurang p@yud@r@ akan terlihat lebih kecil, kemudian selanjutnya akan menarik jaringan ke dalam otot-otot halus sehingga kulit p@yud@r@ menjadi lebih kencang.


P@yud@r@ menjadi kencang karena otot halus yang menyangga p@yud@r@ itu diperkuat dan mendorong jaringan di dalamnya untuk lebih aktif. Selain itu, p@yud@r@ juga menjadi kencang karena menghilangkan lemak di p@yud@r@ yang berlebih sehingga p@yud@r@ tidak lagi terlalu berat, yang kemudian membuat bentuk p@yud@r@ menjadi lebih bagus.

Ada beberapa kategori bahan alami yang bisa digunakan yaitu kategori pertama adalah empon-emponan seperti kencur, temuputri, dan temugiring. Kedua kategori kembang-kembangan atau daun-daunan seperti daun beluntas, daun kembang telang dan daun sirsak. Ketiga kategori buah-buahan yang bersifat sepat dan asam seperti kedondong, menteng dan kecapi. Kategori keempat adalah kategori akar-akaran seperti papaya gantung, akar somjawa, akar ginseng yang ada di Indonesia dan akar melati.

Keempat kategori itu bisa dimanfaatkan untuk mengencangkan dan membuat seksi p@yud@r@ dengan beberapa cara, antara lain:
  • Diminum. Caranya ambil 1 jari kencur, lalu ditumbuk halus bersama 1 jari temugiring, kemudian ditambah 1/2 genggam daun beluntas dan sejumput daun melati. Bahan-bahan yang sudah ditumbuk tersebut lalu direbus di dalam panci dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan jadikan hingga satu gelas. Ramuan tersebut diminum setiap hari, pada pagi hari dan malam hari.
  • Sebagai lulur dengan cara dioleskan. Tumbukan bahan-bahan di atas, dicampur dengan sedikit air atau minyak zaitun. Cara lainnya adalah temuputri dan temugiring yang sudah diparut dan diambil sarinya, kemudian dicampurkan dengan sedikit, kapur sirih, kembang melati, lalu dicampurkan dengan minyak zaitun. Setiap malam hari sebelum tidur, campuran tersebut dioleskan secara merata pada p@yud@r@ . Setelah itu, diamkan selama 15 menit, lalu dibilas dengan air hangat. Bisa juga menggunakan akar-akaran seperti pepaya gantung, akar somjawa dan akar ginseng yang dicuci bersih, lalu direbus di dalam panci hingga mendidih. Sesudah itu dioleskan di kulit sekitar p@yud@r@, lalu didiamkan se!ama 15 menit, baru dibersihkan.
  • Dikonsumsi langsung. Untuk kategori buah-buahan seperti kedondong, menteng dan kecapi bisa dikonsumsi secara langsung sebanyak 3-4 buah, setiap hari pada pagi hari ataupun siang hari.

Setelah rutin melakukan perawatan berbahan alami terus-menerus selama 10 hari, maka sebaiknya diberi istirahat selama dua hari, lalu sesudah itu dilakukan lagi perawatan selama 10 hari. Dengan istirahat selama dua hari ini maka kerja jaringan strukturnya akan berhenti sebentar, kemudian setelah perawatan lagi akan memberikan efek yang bagus.

Sebaiknya perawatan dengan bahan-bahan alami tersebut dilakukan oleh mereka yang belum menopause, karena jika sudah menopause p@yud@r@nya yang sudah cenderung turun akan sulit mengembalikan kondisi p@yud@r@ seperti saat muda. Kalaupun usia menopause ingin mengencangkan p@yud@r@ dengan bahan alami, maka bahan alami yang digunakan harus lebih banyak. Misalnya, daun beluntas setengah genggam, dicampur dengan 1 jari temukunci, 1 jari temuputri, 1 jari temugiring, 1 jari temuputih yang diparut, lalu ditambahkan sejumput daun mamba, kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas.

Sementara untuk wanita sehabis melahirkan yang p@yud@r@nya kendur dan mengalami varises, kondisi p@yud@r@ akan membaik jika rutin melakukan perawatan berbahan alami seperti di atas, ditambah dengan makan terong ungu.

Terong ungu sendiri memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit dan menyusutkan otot halus yang besar di p@yud@r@. Terong ungu mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, kalsium, besi, fosfor, karoten, vitamin B1, B2, C dan vitamin P (bioflavonoids), serta asam nikotinat, Kandungan vitamin P pada terong ungu berfungsi untuk mengurangi kerapuhan pembuluh darah dan infiltrasinya, meningkatkan kemampuan tubuh merapatkan antara sel satu dengan sel lainnya dan memperbaikinya bila terjadi kerusakan sehingga pembuluh darah tetap dalam kondisi normal dan elastis, serta meningkatkan fungsi biologis dan mencegah pecahnya pembuluh darah.

Cara ini tergolong aman karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami yang minim efek sampingnya. Kecuali jika seseorang tersebut memiliki suatu alergi terhadap bahan tersebut, maka bisa terjadi alergi. Ataupun terlalu banyak mengonsumsi makan buah yang asam, jika memiliki penyakit maag maka bisa kambuh.

7. Kombinasi Aerobik dengan Weight Training
Olahraga aerobik dan weight training dapat mengencangkan sekaligus membuat p@yud@r@ seksi dan “menantang” dalam waktu enam bulan. Ketika hamil, kelenjar p@yud@r@ membesar untuk mempersiapkan produksi ASI, namun setelah melahirkan dan menyusui p@yud@r@ kembali menyusut. Dijelaskan oleh dr. Suharto, SpKO, DPH, dokter spesialis kedokteran olahraga, p@yud@r@ berada di atas pectoralis atau otot dada, sehingga jika ingin p@yud@r@nya terlihat besar maka pectoralis-nya harus dilatih selama sekitar enam bulan. Jika otot di bawah p@yud@r@ bagus, maka dengan sendirinya p@yud@r@ akan terlihat lebih menonjol dan seksi.

Besar kecilnya p@yud@r@ sebenarnya ditentukan dari aktivitas di dalam p@yud@r@nya. Di dalam p@yud@r@ sendiri terdapat kelenjar dan lemak, sehingga kelenjarnya aktif seperti saat menyusui maka p@yud@r@ akan terlihat besar. Olahraga yang dapat dilakukan untuk membuat otot dada bagus, adalah weight training atau latihan beban. Weight training berfungsi untuk membentuk postur tubuh dan memperbaiki posisi dada. Jika otot-otot di sekitar dada membaik maka permukaan dada akan naik. Namun, olahraga weight training saja tidak bisa berkembang jika tidak dilatih dengan aerobik untuk memperbaiki metabolismenya.

Kombinasi antara olah raga untuk pembentukan otot di sekitar rongga dada dan memperbaiki postur tubuh, serta memperbaiki metabolisme sehingga lemak yang menumpuk lebih banyak dan cukup. Aerobik dapat memperbaiki sistem pengadaan tenaga di tubuh. Tenaga di tubuh ini kemudian akan digunakan untuk memperbaiki kemampuan kerja otot dengan weight training.

Setelah enam bulan latihan aerobik dan weight training maka hasilnya akan terlihat p@yud@r@ lebih kencang dan menonjol secara natural. Meski memberikan hasil yang bagus, namun olahraga yang dilakukan tidak boleh berlebihan. Lakukan olahraga aerobik dan weight training 3-5 kali seminggu.

Mereka yang bertubuh kurus sebaiknya tidak berlebihan melakukan olahraga aerobik dan weight training. Jika latihan aerobik terlalu berat seperti lari maraton, maka lama-kelamaan justru hormon berubah dan terjadi maskulinitas yaitu mengalami secondary amenorrhoe, yaitu tidak mengalami menstruasi karena jumlah lemak di dalam tubuh sedikit. Dengan kondisi yang demikian maka p@yud@r@ tidak bisa menjadi besar. Bahkan jika olahraga berlebihan maka lemak di dalam tubuh berkurang dan dengan sendirinya p@yud@r@ akan ikut mengecil. Untuk mendapatkan hasil yang baik, selain dengan olahraga maka sebaiknya diimbangi dengan pola makan yang baik pula. Kartika, Diah, Widi, Anita, Amrikh, lndri, lffah, Suciati 

Sumber: Tabloid Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment