Tuesday, March 19, 2013

Pentingnya Asupan Gizi Pada Lansia


Secara umum, asupan makanan pada orangtua semakin berkurang, sehingga berat badannya semakin turun. Bila asupan makanan yang semakin berkurang ini, disertai dengan berbagai penyakit, maka berat badan akan semakin berkurang. Untuk saran makanan yang perlu dikonsumsi secara individual, disesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, umur, jenis kelamin dan penyakit yang diderita.


Secara umum makanan yang perlu dikonsumsi sebaiknya mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan yaitu:
  1. Sumber Karbohidrat. Utamakan makanan yang merupakan Sumber karbohidrat kompleks seperti havermut, roti gandum, dan nasi merah. Sebagai contoh havermut merupakan Sumber karbohidrat yang baik, karena mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol, Selain itu adanya serat di havermut dapat membantu untuk menjaga gula darah supaya tidak cepat meningkat pada penyandang diabetes. Namun, batasilah Sumber karbohidrat sederhana seperti kue, permen, cokelat, makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.
  2. Sumber Protein. Utamakan makanan Sumber protein yang mengandung lemak rendah misalnya dada ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, tahu, dan tempe. Bagi seseorang yang menderita peningkatan kadar kolesterol darah, sakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kencing manis, dan penyakit kronis lainnya, disarankan untuk mengurangi asupan lemak jenuh yang banyak terdapat di Sumber protein.
  3. Sumber Lemak. Utamakanlah bahan makanan Sumber lemak tidak jenuh seperti: minyak kanola, minyak zaitun, dan ikan laut. Lemak tidak jenuh (omega-3, omega-6, omega-9) merupakan lemak baik, yang baik untuk kesehatan. Dalam penelitian lemak tidak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan gula darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaiknya minyak kanola/minyak zaitun ditambahkan ke makanan yang sudah matang seperti salad. Cara memasak makanan sebaiknya ditumis, ditim, dipanggang dan direbus. Hindarilah dan batasilah makanan yang digoreng, karena makanan yang digoreng banyak mengandung lemak jenuh, yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol darah, dan berbagai penyakit kronis lainnya.
  4. Sayuran dan Buah-buahan. Sebagai Sumber vitamin, mineral dan serat, konsumsilah berbagai macam sayur dan buah-buahan secara berganti-ganti jenisnya, sehingga asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi lengkap sesuai kebutuhan.

Total asupan yang perlu dikonsumsi oleh masing-masing orang, disesuaikan dengan kebutuhan orang tersebut, dan ini memerlukan bantuan dari dokter spesialis gizi klinik untuk menghitungnya dan kemudian membaginya menjadi makanan-makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam sehari-hari.
Sumber : Tabloid Femme

No comments:

Post a Comment