Friday, March 15, 2013

Bulu Mata Lentik dengan Lidah Buaya dan Tangkai Daun Sirih


Mata adalah jendela hati. Mata yang indah dan bulu mata yang lentik menjadi impian para wanita. Bagaimana cara mendapatkan bulu mata yang lentik? Salah satunya dengan perawatan menggunakan lidah buaya dan tangkai daun sirih. Seperti apa? 


Memiliki mata yang indah, akan membuat siapa saja merasa lebih percaya diri, apalagi bila memiliki bulu mata yang lentik dan panjang. Hal tersebut akan menambah keindahan dan kecantikan mata. Menurut dr Siti Fatimah Sah Rahmadhani, SpM, dokter spesialis mata dari RS Pondok Indah Puri Indah, Kembangan Jakarta Barat, bulu mata atau rambut mata adalah bagian dari kelopak mata yang berupa helaian rambut-rambut. Rambut-rambut ini berfungsi untuk melindungi supaya debu, keringat atau air yang menetes dari dahi tidak masuk ke mata.

Rambut mata merupakan rambut yang sangat lembut. Siklus pertumbuhan, komponen, dan fase-fase pertumbuhannya, sama dengan pertumbuhan rambut. Begitupun persoalan yang bisa menyerang rambut, otomatis bisa terjadi di bulu mata. Misalnya kerontokan yang terjadi pada bulu mata membutuhkan waktu kurang lebih 8 minggu agar bisa tumbuh kembali.

Penyebab. Penyebab bulu mata tumbuh jarang dan tidak lentik, bisa karena faktor genetik, bisa juga karena infeksi dan alergi yang menyebabkan bulu mata rontok dan ketika tumbuh kembali menjadi tidak seperti keadaan sebelumnya. Sering melakukan tattoo eyeliner juga kurang baik untuk kesehatan bulu mata karena bisa menyebabkan infeksi pada bulu mata. Nah, jika Anda ingin memiliki bulu mata yang lentik dan panjang, ada cara mudah untuk mendapatkannya dengan rutin memakai campuran lidah buaya dan tangkai daun sirih.
Tanaman lidah buaya atau Aloe vera mengandung lignin, polisakarida, antioksidan dan semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Dalam tangkai daun sirih mengandung minyak atsiri yang di dalamnya terdapat minyak terbang (betlephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol.

Menurut Etty Bachetta, herbalis dari Klinik Rumah Cantik Bachetta bahwa lidah buaya bisa untuk membuat bulu mata lentik dan panjang. Namun untuk hasil yang lebih baik, lidah buaya harus dicampur dengan tangkai daun sirih. Dalam lidah buaya mengandung zat lignin yang bisa masuk dan meresap ke dalam pori-pori bulu mata, sehingga bisa membantu pertumbuhan bulu mata agar bisa tumbuh lentik dan panjang. Begitu‘ pun dalam tangkai daun sirih, banyak mengandung minyak atsiri, yang berfungsi sebagai zat antioksidan pada bulu mata.

Proses. Membuat bulu mata lentik dan panjang dengan lidah buaya dan tangkai daun sirih, caranya sangat mudah. Untuk hasil yang lebih efektif sebaiknya memakai dua cara. Cara yang pertama, ambil 5 batang lidah buaya ukuran sedang. Cuci bersihkan di bawah air yang mengalir dan buang durinya. Diamkan sampai kering sekitar 30 menit. Setelah itu, kupas kulitnya dan potong-potong dadu. Perlu diingat, lendir dari lidah buaya ini jangan dibuang, justru dalam lendir inilah mengandung banyak zat-zat yang baik bagi tubuh. Setelah dipotong dadu, tambahkan gula pasir sebanyak 3 sdm. Tambahkan air sebanyak 1/2 gelas (sebaiknya menggunakan air mineral). Untuk menambahkan efek warna orange pada manisan lidah buaya ini, bisa ditambahkan jeruk nipis secukupnya. Simpan di dalam kulkas. Sebaiknya dikonsumsi 1 gelas setiap hari dan bisa ditambahkan sedikit air agar terasa seperti cocktail ketika dikonsumsi.

Cara yang kedua adalah cukup ambil 1 batang lidah buaya ukuran sedang. Cuci bersih di bawah air yang mengalir. Masukkan ke dalam blender Setelah halus, tampung dalam mangkuk kecil. Ambil 1 tangkai daun sirih, lalu celupkan pada lidah buaya yang telah diblender Aplikasikan satu per satu di bulu mata seperti pemakaian maskara. Perlu diingat, jangan sampai terkena mata pada saat proses pemakaian lidah buaya agar mata tidak perih. Setelah pemakaian secara merata pada bulu mata, diamkan semalaman. Cuci dengan air saat bangun keesokan harinya. Waktu yang tepat untuk pemakaian pada malam hari sebelum tidur. Intensitas pemakaian, cukup sekali sehari tetapi harus rutin. Bulu mata akan lentik setelah penggunaan selama 3-6 bulan.

Selain berkhasiat untuk membuat bulu mata lentik dan panjang, lidah buaya juga bisa untuk menyuburkan rambut, dan mengobati jerawat serta baik untuk regenerasi kulit. Sedangkan khasiat lain tangkai daun sirih adalah untuk menebalkan alis, dan menghilangkan bau mulut.

Agar bulu mata bisa senantiasa sehat, dr Siti memberikan tips. Antara lain, harus sering mencuci bulu mata layaknya keramas setiap hari tetapi dengan sampo bayi agar kotoran-kotoran yang melekat bisa hilang. Tips lainnya harus membersihkan hingga bersih sisa-sisa maskara dengan pembersih khusus serta jangan mengucek mata terlalu sering ketika mata terasa gatal dan perih, tetapi cukup teteskan dengan obat tetes mata untuk mencegah agar bulu mata tidak rontok. Rahmi Nopika

Sumber : Tabloid Femme

No comments:

Post a Comment