Tuesday, February 12, 2013

Awet Muda Dengan Terapi Oksigen Hiperbarik


Terapi oksigen hiperbarik merupakan terapi dengan .cara bernafas menghirup   oksigen murni di dalam suatu ruangan bertekanan tinggi. Terapi oksigen hiperbarik ini telah terbukti secara klinis dan memiliki banyak manfaat. Salah satunya mencegah proses penuaan dini. Benarkah?


Oksigen tidak hanya merupakan kebutuhan utama manusia untuk bernafas dan bertahan hidup, tetapi juga sangat berperan untuk kecantikan. Salah satunya terapi oksigen hiperbarik yang memanfaatkan oksigen murni untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaat dari terapi ini adalah dapat menunda atau memperlama proses penuaan dalam kulit.

Terapi oksigen hiperbarik atau hyperbaric oxygen therapy (HBOT) adalah pemberian oksigen murni 100 persen dengan tekanan udara dua hingga tiga kali lebih besar daripada tekanan norma| (1 atmosfer). Tekanan udara ini akan memperlancar sistem peredaran darah dan suplai oksigen murni ke seluruh tubuh.

Terapi oksigen Hiperbarik.
Menurut dr. Padma Savenadia Alam, MKes, SpKN, dokter spesialis kedokteran nuklir, proses terapi oksigen hiperbarik ini tergolong sederhana.
Terapi diawali dengan konsultasi dengan dokter dan pemeriksaan fisik untuk menentukan ada tidaknya kontra indikasi seperti pneumotoraks, maupun kontra indikasi relatif seperti asma, klaustrofobia (takut ruangan sempit), penyakit paru obstruktif kronik, disfungsi tuba eustachius, demam tinggi, kehamilan, dan infeksi saluran napas atas.

Tahap selanjutnya Anda diberi pengarahan terlebih dahulu untuk mengenakan pakaian dari bahan katun, tidak boleh membawa barang-barang elektronik seperti jam tangan, ponsel ataupun benda lain yang mengandung baterai. Alasannya, karena kadar oksigen yang tinggi dikhawatirkan ada percikan api di dalam tabung bisa terjadi kebakaran, bahkan tabung chamber bisa meledak.

Setelah dipastikan Anda tidak memiliki kontraindikasi HBOT, Anda akan dibawa masuk dalam suatu ruangan hiperbarik yakni hiperbaric chamber (kamar udara bertekanan tinggi) sambil menekan tombol untuk pengaturan udara. Kemudian udara ditambah tekanannya sedikit demi sedikit sambil Anda melakukan manufalsafa dengan tiga cara yaitu buka tutup mulut, menelan ludah, hidung ditutup-hidup pakai tangan lalu tiupkan udara ke telinga. Dalam terapi ini terdapat dua jenis ruangan yaitu ruangan multiple yang dapat digunakan bersamaan dengan pasien lainnya dan ruangan single yang hanya dapat digunakan oleh satu pasien.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan HBOT sekitar 90 menit untuk menghirup oksigen murni dengan istirahat masing-masing lima menit untuk menghirup udara biasa bukan dikempeskan lagi. Prosesnya, udara ditekan sampai kedalaman 2,4 Ata (Atmosphere Absolute), terus menghisap oksigen murni pakai masker selama 30 menit, kemudian selama lima menit lepas masker. Setelah itu, dapat menghirup oksigen murni dengan masker khusus selama 30 menit dan begitu pun seterusnya selama tiga kali.

HBOT ini dapat digunakan untuk semua usia bahkan dari bayi sampai orang tua asalkan dapat memenuhi syarat dan memang membutuhkan terapi ini. Di Indonesia, biaya pengobatan HBOT belum semuanya terjangkau tetapi untuk hasil maksimal biasanya terapi ini dilakukan selama satu seri yang terdiri atas sepuluh kali terapi yang dilakukan berurutan setiap hari dalam jangka waktu sepuluh hari. Setelah terapi dilakukan, selanjutnya akan dievaluasi apakah terapi sudah mencukupi atau belum. Biasanya semuanya disesuaikan dengan masalah yang dikeluhkan sehingga jika memang memerlukan terapi akan dilanjutkan pada tahap seri kedua.

HBOT memiliki keunggulan yaitu oksigen yang larut ke dalam cairan darah akan ditingkatkan sehingga akan sangat baik untuk membantu metabolisme sel. Dengan bantuan terapi hiperbarik ini dapat menjadikan sel dalam tubuh menjadi lebih baik dan lebih sehat. Sel yang lebih sehat tentunya akan membuat sel tersebut lentur. Kelenturan sel itu akan lebih bagus sehingga tidak tampak lemas, terlihat lebih bagus, dan kenyal. Jika sel-selnya sudan lebih sehat maka jaringannya pun akan lebih sehat, maka akan membuat orang menjadi lebih cerah dan tampak lebih muda.

Manfaat lain dari hiperbarik oksigen memperbaiki kekurangan oksigen dalam tubuh sehingga organ dan jaringan tubuh dapat berfungsi maksimal dan tetap terjaga. HBOT juga terbukti secara klinis meningkatkan jumlah stem cel dalam tubuh. HBOT juga digunakan untuk mengatasi autisme dan cerebral palsy dengan cara memperbaiki kondisi otak yang rendah akan oksigen dan tingginya faktor inflamasi.

Efek Samping.
Meski hasilnya sangat bagus, namun perlu diingat setiap tindakan ada efek samping yang mungkin terjadi. Menurut dr. Susan H. Manungkalit, MS. SpKL, dokter spesialis kedokteran kelautan, efek samping dari HBOT ini yaitu baro trauma atau sakit pada telinga. Ciri-cirinya ditandai dengan ketidaknyamanan atau kerusakan pada telinga akibat perbedaan tekanan antara telinga tengah dengan lingkungan sekitar, yang biasa terjadi ketika ada perubahan ketinggian.

Tekanan udara di dalam telinga tengah biasanya sama dengan tekanan udara di luar tubuh. Apabila tuba eustachii (suatu pipa yang menghubungkan telinga dengan bagian belakang tenggorokan) terhalangi dapat menyebabkan tekanan udara di telinga berbeda dengan tekanan udara di luar gendang telinga. Namun, jika pasien dapat menyeimbangkan tekanan antara di dalam dan di luar biasanya tidak mengalami baro trauma pada telinga. Untuk hasil maksimal, sebelum melakukan terapi ini Anda sebaiknya mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ahli untuk mencegah efek yang tidak diinginkan.
Sumber : Info Kecantikan

No comments:

Post a Comment